Rabu, Februari 27, 2008

Intel CMPC + e-Learning Class Software V6.0



Intel Classmate PC



Pada hari Selasa malam Rabu tanggal 19 Februari 2008 yang lalu saya menerima kejutan dari Pak Arya (PT Intel Indonesia) di Syahida Inn, Ciputat. Beliau meminjamkan secara ekslusif kepadaku salah 1 dari 3 unit CMPC (ClassMate PC) versi terbaru keluaran Intel yang ada di Indonesia dan 1 dari 10 unit yang ada di dunia! CMPC alias Intel Classmate PC 1.0 ini memiliki spesifikasi: CMPC-ENU | System: Microsoft Windows XP Professional 2002 SP2 | Intel Celeron 900 MHz / 897 MHz | 512 MB RAM | Camera Samsung. CMPC ini kini juga dilengkapi Harddisk 30 GB, 2 USB Port, 1 LAN Port, dan Memory Card slot.

CMPC yang dikhususkan untuk guru ini amat ringan, memiliki layar 9 inci dan dilengkapi aplikasi unggulan Parent Carefree, Intel Education Stack, dan e-Learning Class Software 6.0!

Perangkat lunak e-Learning Class memungkinkan kita untuk mengelola ruang kelas, berkomunikasi dengan siswa-siswi kita, dan membantu secara individual, semuanya dapat kita lakukan tanpa meninggalkan komputer. Dengan menggunakan perangkat lunak e-Learning Class, kita akan dapat:

1) menyiarkan tampilan desktop dan suara kita kepada siswa
2) memperkenankan siswa untuk memperagakan perangkat lunak kepada anda dan siswa lainnya.
3) memantau dan mengendalikan desktop komputer siswa
4) menayangkan berbagai videodean foto kepada siswa
5) merekam operasi desktop untuk sebuah file dan memutarkannya sebagai peraga untuk siswa
6) memadamkan komputer siswa dari jarak jauh
7) mengirim file kepada siswa
8) mengirim pesan kepada siswa
9) mengirim perintah jarak jauh kepada siswa
10) mendistribusikan kuiz interaktif, dan masih banyak lagi..




Apa yang baru di e-Learning Class Software 6.0?

Beberapa hal berikut adalah fitur-fitur baru atau yang telah ada yang kesemuanya meningkatkan kinerja e-Learning Class Software version 6.0.

1) Peningkatan Jaringan Nirkabel
Kinerja dan efisiensi e-Learning Class Software 6.0 sangat meningkat. Hal ini karena dukungan nirkabel (802.11b/g) dan jaringan kabel dengan konfigurasi yang berbeda dalam satu aplikasi.

2) Hubungan ke beberapa guru dan siswa-guru
Beberapa guru dapat terhubung ke jaringan dalam waktu yang bersamaan. Siswa dapat melihat daftar guru dan memilih salah satu untuk dihubungkan ke komputer mereka. Siswa juga dapat memutuskan hubungan dengan salah satu guru dan menghubungkan diri kepada guru lainnya.

3) Class Model dan Kunci/Tak Terkunci
Guru dapat memilih Class Model untuk memulai sebuah kelas. Class Model termasuk semua siswa yang diidentifikasi oleh guru yang akan mengajar. Seorang guru dapat mengemban beberapa Class Models yang diinginkan untuk mengajar berbagai kelas dalam waktu yang berbeda.
Seorang guru dapat mengajak semua siswa di dalam Class Model untuk bergabung secara otomatis dikunci di Class Model. Siswa yang dikunci di Class Model akan tetap terkunci meskipun jaringan terputus dan dihidupkan-ulang.

4) Menyiarkan D3D & OpenGL Software untuk siswa
e-Learning Class Software 6.0 memperkenankan guru untuk menampilkan desktop guru ke semua desktop siswa. Program ini termasuk DirectDraw, Direct3D, OpenGL, dan film layar penuh.

5) Layar Broadcast Quick Launch Bar
Selama berbagi desktop dengan siswa, guru dapat menghidupkan dan mematikan suara, menggunakan pena elektronik, memulai/menghentikan proses perekaman layar, menyesuaikan kwalitas gambar, pengalihan antar jendela dan mode layar penuh, mengunci/membuka akses keyboard dan mouse, dan mengubah prioritas perekaman tampilan.

6) Beberapa macam file media dapat diputar/ditayangkan di jaringan
Sekarang e-Learning Class Software 6.0 dapat menampilkan berbagai file media kepada siswa, diantaranya:
1. File Windows Media: *.ASF.
2. File Windows Video: *.AVI, *.WMV.
3. File VCD: *.DAT, *.MPG, *. MPEG.
4. File Audio: *.MP3, *.WAV.

7) Rekam, jeda (pause) dan lanjutkan
Guru dapat merekam operasional desktop-nya menjadi sebuah file. Selama merekam, guru dapat menghentikan sejenak dan kemudian melanjutkan proses perekaman

8) Properti Siswa
Guru dapat mengakses nama komputer, nama login dan informasi. Guru dapat menyusun daftar aplikasi siswa, proses, dan identitas. Guru juga dapat menghentikan dari jauh proses kegiatan siswa.

---

Menurut pihak PT Intel Indonesia, CMPC ini akan dirilis ke pasaran Indonesia pada bulan Juli 2008 dengan harga 'tidak lebih' dari US$ 400 per-unit! Anda berminat? :)


1 komentar:

lizahamid mengatakan...

Saya tertarik bgt, gmn caranya dapetin e-Learning Class Software 6.0!