Rabu, Maret 11, 2009

Karakter Seseorang berdasarkan Wetonnya..


Hampir semua suku dan bangsa di dunia memiliki mahakarya yang mencerminkan ketajaman spiritual dan saujana yang mampu melewati semua relung dan dimensi masa lampau, kini dan mendatang. Demikian pula suku Jawa yang merupakan suku terbesar di Indonesia. Menurut kepercayaan Jawa, arti dari suatu peristiwa (dan karakter dari seseorang yang lahir dalam hari tertentu) dapat ditentukan dengan menelaah saat terjadinya peristiwa tersebut menurut berbagai macam perputaran kalender tradisional. Salah satu penggunaan yang umum dari metode ramalan ini dapat ditemukan dalam sistem hari kelahiran Jawa yang disebut Wetonan.

Weton anda merupakan gabungan dari tujuh hari dalam seminggu (Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jum'at, Sabtu, dan Minggu) dengan lima hari pasaran Jawa (Legi, Pahing, Pon, Wage, Kliwon). Perputaran ini berulang setiap 35 (7 x 5) hari, sehingga menurut perhitungan Jawa hari kelahiran anda berulang setiap lima minggu dimulai dari hari kelahiran kita.

Berikut kuambil contoh 5 weton dari dalam keluargaku:

Kwarta Adimphrana | 10.10.1969
Konon, mereka yang lahir pada hari Jum'at Legi cenderung bersifat jujur. Bahkan, mereka terkadang mungkin terlalu jujur, sebab mereka adalah tipe orang yang suka mengungkapkan pikiran mereka tanpa tedeng aling-aling! Mereka cukup teguh dengan pendirian mereka, tetapi sikap seperti ini terkadang juga menghambat kemampuan mereka untuk menerima orang lain secara apa adanya. Sebaiknya kita tidak memancing amarah mereka, karena mereka dapat bertindak ekstrim bila sedang naik darah. Meskipun demikian, mereka setia dan murah hati terhadap orang-orang yang dicintainya. Simpati mereka mudah timbul sehingga tidak keberatan untuk bertindak diluar jalur mereka untuk membantu teman atau bahkan orang asing.

Anita Rizqiana | 11.10.1974
Menurut kepercayaan jawa, orang yang dilahirkan pada hari Jumat Pon perlu banyak bergaul dengan berbagai jenis orang. Konon, mereka berpembawaan tenang, serius dan bijaksana dalam berbicara. Mereka adalah tipe yang berjiwa sosial, murni dan jujur serta mudah bersimpati terhadap mereka yang tertindas. Mereka mudah beradaptasi dengan orang-orang di sekitar mereka dan dapat menyesuaikan diri dengan berbagai situasi seperti seekor bunglon. Akan tetapi, kelebihan ini juga dapat menjadi kelemahan terbesar mereka, karena jika tidak disertai rasa percaya diri yang kuat mereka dapat dengan mudah dipengaruhi oleh pendapat dan kebiasaan buruk orang lain.

A Salsabila Istiqlal | 22.08.1995
Kalangan yang lahir pada hari Selasa Pon ini sangat menyukai kemewahan. Tingkat pemborosan mereka biasanya tergantung pada kemampuan finansial yang ada, tetapi keinginan yang kuat akan kehidupan yang serba mewah akan selalu mereka rasakan. Meskipun cenderung untuk melindungi perasaan mereka sendiri, mereka dapat menjadi sangat setia dan murah hati kepada orang-orang yang sesuai dengan standar pribadi mereka. Akan tetapi, sekali anda dekat berarti anda telah menjadi milik mereka seutuhnya, dan karena kalangan ini sering terbawa kekhawatiran akan ancaman (nyata maupun khayalan) maka tidak mengherankan jika rasa cemburu selalu menyertai mereka dalam setiap hubungan. Meskipun mereka yang dilahirkan pada hari Selasa Pon terkenal bersifat tertutup, mereka dapat bersikap cukup ramah dalam kehidupan sosial. Barangkali anda tidak akan menduga bahwa mereka berpendirian sangat kaku.

A Sayyidina Habibina | 25.11.1996
Menurut kepercayaan Jawa, jika anda lahir pada hari Senin Wage anda jarang terjebak dalam keadaan yang memalukan! Ini dikarenakan anda suka merencanakan dan menimbang pilihan anda dengan hati-hati jauh sebelum mengambil tindakan. Anda cukup jujur dan tidak keberatan mendengarkan permasalahan orang lain. Berkat pendekatan anda yang tenang, anda mampu tampil meyakinkan di depan masyarakat, sehingga anda memiliki bekal menjadi diplomat yang baik. Meskipun demikian, sekali anda marah, anda tidak akan mau menerima alasan apapun. Anda terkadang begitu ndableg sehingga lebih baik anda dibiarkan sendiri saja untuk menjadi tenang kembali.

A Sayyidatina 'Aathirah | 19.07.2000
Anda yang lahir pada hari Rabu Legi menghormati tata krama dan berpegang teguh pada falsafah hidup anda. Kejujuran adalah salah satu prioritas anda, sehingga anda membenci ketidakadilan. Anda sangat setia terhadap teman tercinta anda yang sangat banyak. Anda dikagumi oleh banyak orang karena kata-kata anda yang bijaksana. Lantas, apa gunanya selalu ingin mencampuri urusan orang lain?

---

Sebagian besar menyatakan banyak benarnya atau kecocokannya atas karakter berdasarkan weton masing-masing. Yang membuatku kagum adalah bagaimana leluhur kita merumuskan ke-35 karakter dengan melihat fakta-fakta empirik, mistik dan futuristik?


Jurnal-ku: Minggu XC (03.2009)


Selasa, 10 Maret 2009 | 13 Rabi'ul Awwal 1430
[R. Sidang Bidang Keuangan Pustekkom: 14.00-16.00] Memenuhi panggilan Tim Auditor BPK untuk menjelaskan hasil Monitoring dan Evaluasi Jardiknas di 33 Provinsi.

Rabu, 11 Maret 2009 | 14 Rabi'ul Awwal 1430
[R. Sidang Grha Tama Pustekkom L-3: 10.00-12.00] Menjelaskan (aanwijzing) tentang lelang Sewa Bandwidth Internet untuk 6000 guru melalui skema Jardiknas Zona Personal (TeacherNet) kepada peserta lelang.
[Kubik-ku: 13.00-15.00] Menyusun draft surat beserta lampiran Permohonan Data Nama Guru untuk Jardiknas Zona Personal tahun 2009 untuk 75 kepala dinas pendidikan kabupaten/kota.

Kamis, 12 Maret 2009 | 15 Rabi'ul Awwal 1430
[R. Sidang Kapustekkom L-2: 14.00-16.30] Bersama PPK, Tim Konsultan, Tim Inherent, dan Tim Teknis Pustekkom membahas draft kontrak Sewa Bandwidth dan Kelengkapannya Jardiknas Zona Perguruan Tinggi tahun anggaran 2009.
[R. Sidang Kapustekkom L-2: 17.00-18.00] Bersama PPK, Tim Konsultan, dan Tim Teknis Pustekkom membahas draft Dokumen Teknis pengadaan MTI (Manajemen Teknologi Informasi).
[R. Sidang Kapustekkom L-2: 19.00-21.30] Bersama Tim Bidang TI menyusun draft potensi infrastruktur Jardiknas tahun 2009.

Jum'at, 13 Maret 2009 | 16 Rabi'ul Awwal 1430
[Kubik-ku: 09.00-10.30] Bersama Tim Pengembang Laman Jardiknas dan Tim Pangkalan Data Jardiknas mendiskusikan pengembangan fitur dan penguatan tautan antara Laman dan Pangkalan Data Jardiknas yang telah dilengkapi per-Zona Kantor, Zona Perguruan Tinggi (Inherent), Zona Sekolah (SchoolNet), dan Zona Personal (TeacherNet).
[Kubik-ku: 10.30-11.30] Menyusun draft surat Permohonan Supervisi SchoolNet 2008 berikut lampiran Format Supervisi SchoolNet 2008 untuk 456 Tim Pengelola Jardiknas Kabupaten/Kota.
[Kubik-ku: 13.30-17.00] Memverifikasi data 15.000 sekolah yang telah mendapatkan fasilitas internet melalui skema Jardiknas Zona Sekolah (SchoolNet) tahun 2008.


Jurnal-ku: Minggu DCCI (02.2021)

Senin, 1 Februari 2021 | 19 Jumadil Akhir 1442 [ Poliklinik Pusdiklat: 08.00-09.30 ] Memantau Tes Usap Antigen 9 siswa SMK yang akan melaksa...