Minggu, Maret 31, 2019

Jurnal-ku: Minggu DCVI (03.2019)

Ahad, 24 Maret 2019 | 17 Rajab 1440
[Ballroom Tiara, Crowne Plaza Jakarta L-3: 14.00-15.40] Bersama staf PTP mengikuti sesi pengarahan dan pembukaan Simposium Regional PTP (Pengembang Teknologi Pembelajaran) Tahun 2019 oleh Mendikbud.
[Ballroom Tiara, Crowne Plaza Jakarta L-3: 16.00-17.30] Bersama staf PTP mengikuti sesi Opening Speech 1) "Peluang PTP dalam Memajukan Pendidikan Indonesia" oleh Prof. Fasli Jalal.
[Ballroom Tiara, Crowne Plaza Jakarta L-3: 19.30-21.00] Bersama staf PTP mengikuti sesi panel 2) "Kebijakan Kemen PAN dan RB tentang ASN dan Pemberian Penghargaan kepada Instansi Pembina JF Terbaik dan Strategi menghadapi Evaluasinya" oleh Aba Subagja, S.Sos. MAP (Asdep Standarisasi Jabatan dan Pengembangan Karir SDM Aparatur, Kemen PAN dan RB); dan 3) "Integrasi Pengukuran Kinerja PNS dalam Jabatan Fungsional" oleh Aidu Tauhid (Direktur Jabatan ASN, BKN).

Senin, 25 Maret 2019 | 18 Rajab 1440
[Ballroom Tiara, Crowne Plaza Jakarta L-3: 08.00-09.30] Bersama staf PTP mengikuti sesi Keynote Speech 4) "Sinergi PTP untuk Kemajuan Negeri" oleh Prof. Taifo Mahmud (Oregon State University).
[Ballroom Tiara, Crowne Plaza Jakarta L-3: 09.45-10.45] Bersama staf PTP mengikuti sesi Keynote Speech 5) "Peluang PTP dalam Cyber Institute" oleh Dr. Mohamad Yunus, MA (Universitas Terbuka).
[Ballroom Tiara, Crowne Plaza Jakarta L-3: 10.45-12.00] Bersama staf PTP mengikuti sesi Paralel 1A 6) "Innovation in Education, Google for education, Pemanfaatan Teknologi Kekinian untuk Pembelajaran" oleh Ganis Samoedra Murharyono (Google Indonesia); dan 7) "How to Prepare an Efficient Education Technology-based Ecosystem Towards Industry 4.0" oleh Tommy Ferdianto (Intel Indonesia).
[Ballroom Tiara, Crowne Plaza Jakarta L-3: 13.30-14.30] Bersama staf PTP mengikuti sesi Panel 8) "Optimalisasi Pemanfaatan TIK untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Pembelajaran di SMK" oleh Ida Rusmayanti (SMK NU Banat); dan 9) "Proses Pembelajaran dan Pendidikan Karakter di Bali Mandara" oleh I Kadek Darsika Aryanta (SMA Bali Mandara).
[Ballroom Tiara, Crowne Plaza Jakarta L-3: 13.30-14.30] Bersama staf PTP mengikuti sesi Paralel 2A: 10) "Model Pembelajaran SOLE Mampu Membangun Psikososial Anak yang Terdampak Bencana" oleh Tim LPMP Sulteng; dan 11) "Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif" oleh Kusnandar (Pustekkom).
[Ballroom Tiara, Crowne Plaza Jakarta L-3: 13.30-14.30] Bersama staf PTP mengikuti sesi Panel: 12) "Penerapan Model Pembelajaran Tanggap Bencana (SOLE)" oleh Santy Arbi dkk.; 13) "Penerapan Model Pembelajaran jarak Jauh (SPADA)" oleh Sakroni dkk; dan 14) "Pembinaan dan Pengembangan Kompetensi ASN Pemangku JF" oleh Army Winarti (Kepala Pusat Pembina Jabfung Bidang Bangkom Pegawai ASN).

Selasa, 26 Maret 2019 | 19 Rajab 1440
[Desk Subbag PTK: 08.00-09.00] Melengkapi notula Rapat Koordinasi Tim RB Pusdiklat Pegawai.
[Desk Subbag PTK: 09.00-11.00] Merivisi Draf PKS (Perjanjian Kerja Sama) antara Pusdiklat Pegawai Kemendikbud dengan Pusdiklat Kemenristek Dikti, Pusdiklat BATAN (Badan Tenaga Nuklir Nasional) dan Pusdiklat BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara).
[Desk Subbag PTK: 11.00-12.00] Mengunduh dan membagi materi pembicara Simposium Regional PTP Tahun 2019 di Crowne Plaza Hotel 24-26 Maret 2019.
[Desk Subbag PTK: 13.00-14.00] Merancang POS Strategis dengan Format POS AP (Administrasi Pemerintah).
[Desk Subbag PTK: 13.00-14.00] Bersama staf membuat matriks Lembar Kerja Evaluasi PMPRB dan Dokumen Pendukung PMPRB
[Desk Subbag PTK: 15.00-17.00] Membuat media simpan dan berbagi dokumen pendukung PMPRB 2018 Pusdiklat Pegawai melalui layanan Simpandata Kemendikbud.

Rabu, 27 Maret 2019 | 20 Rajab 1440
[Ruang Subbag PTK: 08.30-10.00] Bersama staf mereviu dan merevisi uraian jabatan masing-masing berdasarkan aktivitas pelayanan selama tahun 2018 dan triwulan pertama tahun 2019.
[Rusid 1 Gedung Pancasila: 10.00-11.30] Bersama pimpinan dan Tim AKLI membahas 1) Sertifikasi Laik Operasional (SLO) dan 2) Rencangan Revitalisasi Jaringan Listrik di Kampus Pusdiklat Pegawai Kemendikbud.

Kamis, 28 Maret 2019 | 21 Rajab 1440
[Desk Subbag PTK: 16.00-19.00] Membuat sub folder Simpandata PMPRB 2018 dan mengunggah dokumen pendukung ke sub-sub folder.

Jumat, 29 Maret 2019 | 22 Rajab 1440
[Rusid 1 Gedung Pancasila: 08.00-15.00] Bersama Tim RB Pusdiklat Pegawai menyimak informasi dan diskusi tentang Pembangunan ZI-WBK oleh Bapak Ali Murwani, Tim RB Kemendikbud.
[Desk Subbag PTK: 16.00-18.00] Merevisi nama folder sub folder Simpandata PMPRB 2018 dan ZI-WBK 2019 sesuai format Lembar Kerja Evaluasi ZI-WBK. 

Jurnal-ku: Minggu DCV (03.2019)

Senin, 18 Maret 2019 | 11 Rajab 1440
[Desk Subbag PTK: 08.00-10.00] Mengisi daftar konten dan Subtema Diorama Virtual Pusdiklat Pegawai Kemendikbud.
[Desk Subbag PTK: 11.00-12.00] Bersama staf mereviu Draf Pagu Indikatif Pusdiklat Pegawai TA 2020.
[Desk Subbag PTK: 13.00-14.30] Merekap rancangan SK KPA Pusdiklat Pegawai Kemendikbud

Selasa, 19 Maret 2019 | 12 Rajab 1440
[Rusid Serba Guna Biro Umum C-3: 09.00-10.30] Bersama Tim Kerja Diorama Virtual Pendidikan dan Kebudayaan membahas dan menentukan Tema Diorama Virtual khusus Hall Sekretariat Jenderal.
[Ruang Sekretariat RB Kemendikbud C-15: 14.00-16.00] Bersama Tim Reformasi Birokrasi Kemendikbud membahas Evaluasi Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi  (PMPRB) Tahun 2019. 
[Ruang Merica, Hotel Menara Peninsula L-1: 20.00-22.00] Bersama staf mengikuti pengarahan Tim PPA Biro PKLN dan Tim Dit Anggaran Bidang PMK pada kegiatan Penyusunan Pagu Indikatif Tahun 2020.

Rabu, 20 Maret 2019 | 13 Rajab 1440
[Ruang Kelas 11 Gedung Budaya: 07.30-17.00] Menguji pada Seminar Rancangan Aktualisasi Nilai-nilai Dasar Profesi PNS Peserta Pelatihan Dasar CPNS 2018 Golongan III Kemenristek dan Dikti:
1) 07.30-08.15: Aditya Revianur, M.Hum. - "Optimalisasi Pembelajaran Mata Kuliah Metode Analisis Data Arkeologi melalui Media Sosial pada Mahasiswa Arkeologi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada";
2) 08.15-09.00: Irawati, S.H., M.H. - "Optimalisasi Metode Student Center Learning pada Mata Kuliah Hak Kekayaan Intelektual di Fakultas Hukum Universitas Diponegoro";
3) 09.00-09.45: I Putu Gema Bujangga W., S.T., M.Eng. - "Optimalisasi Keragaman Tema Tugas Akhir Mahasiswa/I Berbasis SKKNI yang Berkaitan dengan Ketahanan Energi Berwawasan Lingkungan di Jurusan Teknik Lingkungan Fakultas Teknologi Mineral Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta";
4) 09.45-10.30: Muhammad Farid Alfarisy, S.E., M.Sc. - "Optimalisasi Penggunaan Alat Analisis Statistik e-Views pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian bagi Mahasiswa Jurusan IESP FEB Unsoed";
5) 11.00-11.45: Diandra Preludio Ramada, S.H., M.H. - "Optimalisasi Content Language Integrated Learning (CLIL) pada Mata Kuliah Ethic of Law Profession di Kelas Internasional Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang";
6) 11.45-12.30: Roro Isyawati Permata Ganggi, SIP., M.Hum. - "Optimalisasi Pembelajaran Berbasis Internet of Things Application dalam Mata Kuliah Multimedia bagi Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro";
7) 14.00-14.45: Muhnizar Siagian, M.I.Pol. - "Optimalisasi Pembelajaran Soft Power Diplomacy menggunakan Media YouTube bagi Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Sebelas Maret";
8) 14.45-15.30: Estar Putra Akbar, S.T., M.Sc. - "Optimalisasi Kompetensi Mahasiswa Berbasis SKKNI di Jurusan Teknik Arsitektur Politeknik Negeri Pontianak";
9) 15.30-16.15: Vina Zahrotun Kamila, S.Kom., M.Kom. - "Optimalisasi Pembelajaran di Kelas Mata Kuliah Pemrograman Framework pada Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Mulawarman"
10) 16.15-17.00: Rizqia Lestika Atimi, S.T., M.T. - "Optimalisasi Laporan Tugas Akhir sesuai dengan Kaidah Penulisan Karya Tulis Ilmiah di Program Studi Teknik Informatika Politeknik Negeri Ketapang".

Kamis, 21 Maret 2019 | 14 Rajab 1440
[Rusid Setjen Kemendikbud C-2: 10.00-13.00] Bersama pimpinan eselon I dan eselon II terkait mengikuti Rapat Percepatan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Kemendikbud Tahun 2019.
[Rusid Serbaguna Biro Umum C-3: 14.00-16.00] Bersama Tim Reformasi Birokrasi Kemendikbud mengikuti Temu Awal Asesmen RB (Reformasi Birokrasi) Tahun 2018 dan ZI-WBK (Zona Integritas - Wilayah Bebas dari Korupsi)

Jumat, 22 Maret 2019 | 15 Rajab 1440
[Rusid 1 Gedung Pancasila: 09.00-11.00] Bersama pimpinan dan struktural membahas persiapan pelaksanaan RB dan ZI-WBK di Pusdiklat Pegawai Kemendikbud.
[Rusid 1 Gedung Pancasila: 13.30-16.30] Bersama pimpinan dan struktural membahas dan memfinalisasi SK Tim Reformasi Birokrasi Pusdiklat Pegawai Kemendikbud Tahun 2019.

Sabtu, 23 Maret 2019 | 16 Rajab 1440
[Rusid 1 Gedung Pancasila: 09.00-15.00] Bersama Pimpinan dan Ketua Tim Reformasi Birokrasi (RB) Kemendikbud menjelaskan dan memimpin perancangan kegiatan PMPRB Tahun 2018 dan ZI-WBK/WBBM Tahun 2019 serta pengisian Lembar Kerja Evaluasi (LKE) RB kepada koordinator dan anggota: 1) Bidang Manajemen Perubahan (BMP); 2) Bidang Penataan Tata Laksana (PTL); 3) Bidang Penataan Sistem Manajemen SDM (SDM); 4) Bidang Penguatan Akuntabilitas (PA); 5) Bidang Penguatan Pengawasan (PP); 6) Bidang Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik (KPP); 7) Layanan Sistem Informasi Manajemen Pelatihan (SIM); 8) Layanan Sarana dan Prasarana Pelatihan (SPP); 9) Layanan Pelatihan Dasar dan Kepemimpinan (PDK); dan 10) Layanan Pelatihan Teknis dan Fungsional (PTF).

Jurnal-ku: Minggu DCIV (03.2019)

Ahad, 10 Maret 2019 | 3 Rajab 1440
[Home: 08.00-20.00] Menyusun draf Nota Kesepahaman (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dalam hal Penyelenggaraan Pelatihan Dasar dan Pelatihan Kepemimpinan antara Kemendikbud dengan 1) Kemenristek dan Dikti; 2) Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN); 3) Badan Kepegawaian Negara (BKN); dan 4) Lembaga Administrasi Negara (LAN).

Senin, 11 Maret 2019 | 4 Rajab 1440
[Desk Subbag PTK: 08.00-09.00] Melengkapi pasal-pasal pada draf Perjanjian Kerja Sama dalam hal Penyelenggaraan Pelatihan Dasar dan Pelatihan Kepemimpinan antara Kemendikbud dengan 1) Kemenristek dan Dikti, dan 2) Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN).
[Rusid 1 Gedung Pancasila: 09.00-10.30] Bersama pimpinan dan staf membahas strategi penguatan kesadaran dan tanggung jawab pegawai melalui pelengkapan data SKP web maupun aplikasi SIBANDRO.
[Rusid 1 Gedung Pancasila: 14.00-17.30] Bersama pimpinan dan Tim Biro Hukor Kemendikbud membahas Nota Kesepahaman (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) penyelenggaraan Pelatihan Dasar dan Pelatihan Kepemimpinan antara Kemendikbud dengan 1) Kemenristek dan Dikti, 2) Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), 3) Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), dan 4) Badan Informasi Geospasial (BIG).

Selasa, 12 Maret 2019 | 5 Rajab 1440
[Desk Subbag PTK: 08.00-10.00] Menyiapkan surat-surat untuk kegiatan finalisasi Perjanjian Kerja Sama (PKS) dalam hal Penyelenggaraan Pelatihan Dasar dan Pelatihan Kepemimpinan antara Kemendikbud dengan 1) Kemenristek dan Dikti, 2) Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), 3) Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), dan 4) Badan Informasi Geospasial (BIG).
[Desk Subbag PTK: 10.00-11.00] Bersama staf menyusun Usulan Nama Jabatan di lingkungan Pusdiklat Pegawai Kemendikbud untuk Klasifikasi Baku Jabatan Indonesia (KBJI).
[Desk Subbag PTK: 13.00-14.30] Bersama staf memfinalisasi SK Tim Mancakrida Pusdiklat Pegawai Kemendikbud Tahun 2019. 
[Desk Subbag PTK: 15.00-16.00] Mereviu Alur Proses Bimbingan Daring Penulisan Rancangan Aktualisasi dan Proyek Perubahan SIMDIKLAT.

Rabu, 13 Maret 2019 | 6 Rajab 1440
[Home: 05.30-06.30] Membuat bahan tayang Draf Teknokratik Renstra 2020-2024 Pusdiklat Pegawai Kemendikbud.
[Desk Subbag PTK: 08.00-11.30] Menyelesaikan bahan tayang Draf Teknokratik Renstra 2020-2024 Pusdiklat Pegawai Kemendikbud. 
[Desk Subbag PTK: 14.00-14.45] Mereviu diagram alir Manajemen Video Conference. 
[Desk Subbag PTK: 15.30-16.30] Mereviu uraian jabatan pelaksana untuk Klasifikasi Baku Jabatan Indonesia (KBJI). 

Kamis, 14 Maret 2019 | 7 Rajab 1440
[Rusid Bagian KEP BPKLN C-7: 10.15-12.00] Memaparkan rancangan Teknokratik Renstra Kemendikbud Tahun 2020-2014 satker Pusdiklat Pegawai kepada Tim Biro Hukum dan Organisasi, Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negara, Biro Sumber Daya Manusia, dan SEAMEO-SEAMOLEC.
[Rusid 601 BPKLN C-6: 13.30-15.30] Bersama staf dan Tim Biro PKLN membahas Hasil Reviu Angka Dasar dalam rangka Penyusunan Pagu Indikatif Tahun Anggaran 2020.

Jumat, 15 Maret 2019 | 8 Rajab 1440
[Desk Subbag PTK: 08.00-09.00] Merevisi metode penghitungan indeks Pelatihan Dasar CPNS pada Rancangan Teknokratik Kemendikbud Tahun 2020-2024.
[Rusid Widyaiswara Ged. Pancasila: 09.30-11.30] Bersama Struktural Bidang DTF, PTP dan Programmer membahas platform dan struktur basis data SIMDIKLAT dan LMS serta teknis integrasi keduanya.
[Rusid 1 Ged. Pancasila: 14.00-17.00] Bersama Tim Advokasi Hukum Biro Hukor Kemendikbud, Tim Pusdiklat Kemenristek Dikti, Tim Pusdiklat BATAN dan Tim Pusdiklat BSSN membahas substansi Perjanjian Kerja Sama (PKS) di bidang Penyelenggaraan Pelatihan ASN.

Jurnal-ku: Minggu DCCI (02.2021)

Senin, 1 Februari 2021 | 19 Jumadil Akhir 1442 [ Poliklinik Pusdiklat: 08.00-09.30 ] Memantau Tes Usap Antigen 9 siswa SMK yang akan melaksa...