Kamis, Maret 06, 2008

Jurnal Konsultan: Minggu XXXIX (03.2008)


Selasa, 4 Maret 2008
[R. Konsultan TIK | Biro PKLN: 12.00-18.00] Mem-back-up data dan informasi Pelatihan Jardiknas 2007.
[R. Konsultan TIK | Biro PKLN: 18.00-19.00] Menerima, mengemas dan mengirim paket 300 exp. sertifikat Festival Game Tech dan Animasi 2008 yang telah ditanda-tangani Karo PKLN dan dicap Depdiknas ke Poliseni Yogyakarta

Rabu, 5 Maret 2008
[R. Bidang Teknologi Pembelajaran | Pustekkom: 09.00-14.00] Menyusun Strategi Kolaboratif penyelenggaraan Pelatihan Pemanfaatan TIK 2008 untuk disisipkan di alam Buku Panduan Teknis Penyelanggaraan Pelatihan Pemanfaatan TIK bagi Guru di 33 Provinsi (Versi 1,0).

Kamis, 6 Maret 2008
[R. Bidang Teknologi Pembelajaran | Pustekkom: 08.00-11.00] Menyunting dan menyusun daftar node Jardiknas menurut klasifikasi Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, dan Desa/Kelurahan.
[R. Bidang Teknologi Komunikasi | Pustekkom: 11.00-13.00] Bersama Pak Nana Suryana mengikuti pengarahan Pelaksana Teknis Bidang Teknologi Komunikasi tentang 5 Program Pengembangan Jardiknas 2008.
[R. Rapat Biro Hukum dan Organisasi: 15.00-18.00] Mengikuti rapat perancangan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional tahun 2008 tentang Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Lingkungan Departemen Pendidikan Nasional.


Rabu, Februari 27, 2008

Intel CMPC + e-Learning Class Software V6.0



Intel Classmate PC



Pada hari Selasa malam Rabu tanggal 19 Februari 2008 yang lalu saya menerima kejutan dari Pak Arya (PT Intel Indonesia) di Syahida Inn, Ciputat. Beliau meminjamkan secara ekslusif kepadaku salah 1 dari 3 unit CMPC (ClassMate PC) versi terbaru keluaran Intel yang ada di Indonesia dan 1 dari 10 unit yang ada di dunia! CMPC alias Intel Classmate PC 1.0 ini memiliki spesifikasi: CMPC-ENU | System: Microsoft Windows XP Professional 2002 SP2 | Intel Celeron 900 MHz / 897 MHz | 512 MB RAM | Camera Samsung. CMPC ini kini juga dilengkapi Harddisk 30 GB, 2 USB Port, 1 LAN Port, dan Memory Card slot.

CMPC yang dikhususkan untuk guru ini amat ringan, memiliki layar 9 inci dan dilengkapi aplikasi unggulan Parent Carefree, Intel Education Stack, dan e-Learning Class Software 6.0!

Perangkat lunak e-Learning Class memungkinkan kita untuk mengelola ruang kelas, berkomunikasi dengan siswa-siswi kita, dan membantu secara individual, semuanya dapat kita lakukan tanpa meninggalkan komputer. Dengan menggunakan perangkat lunak e-Learning Class, kita akan dapat:

1) menyiarkan tampilan desktop dan suara kita kepada siswa
2) memperkenankan siswa untuk memperagakan perangkat lunak kepada anda dan siswa lainnya.
3) memantau dan mengendalikan desktop komputer siswa
4) menayangkan berbagai videodean foto kepada siswa
5) merekam operasi desktop untuk sebuah file dan memutarkannya sebagai peraga untuk siswa
6) memadamkan komputer siswa dari jarak jauh
7) mengirim file kepada siswa
8) mengirim pesan kepada siswa
9) mengirim perintah jarak jauh kepada siswa
10) mendistribusikan kuiz interaktif, dan masih banyak lagi..




Apa yang baru di e-Learning Class Software 6.0?

Beberapa hal berikut adalah fitur-fitur baru atau yang telah ada yang kesemuanya meningkatkan kinerja e-Learning Class Software version 6.0.

1) Peningkatan Jaringan Nirkabel
Kinerja dan efisiensi e-Learning Class Software 6.0 sangat meningkat. Hal ini karena dukungan nirkabel (802.11b/g) dan jaringan kabel dengan konfigurasi yang berbeda dalam satu aplikasi.

2) Hubungan ke beberapa guru dan siswa-guru
Beberapa guru dapat terhubung ke jaringan dalam waktu yang bersamaan. Siswa dapat melihat daftar guru dan memilih salah satu untuk dihubungkan ke komputer mereka. Siswa juga dapat memutuskan hubungan dengan salah satu guru dan menghubungkan diri kepada guru lainnya.

3) Class Model dan Kunci/Tak Terkunci
Guru dapat memilih Class Model untuk memulai sebuah kelas. Class Model termasuk semua siswa yang diidentifikasi oleh guru yang akan mengajar. Seorang guru dapat mengemban beberapa Class Models yang diinginkan untuk mengajar berbagai kelas dalam waktu yang berbeda.
Seorang guru dapat mengajak semua siswa di dalam Class Model untuk bergabung secara otomatis dikunci di Class Model. Siswa yang dikunci di Class Model akan tetap terkunci meskipun jaringan terputus dan dihidupkan-ulang.

4) Menyiarkan D3D & OpenGL Software untuk siswa
e-Learning Class Software 6.0 memperkenankan guru untuk menampilkan desktop guru ke semua desktop siswa. Program ini termasuk DirectDraw, Direct3D, OpenGL, dan film layar penuh.

5) Layar Broadcast Quick Launch Bar
Selama berbagi desktop dengan siswa, guru dapat menghidupkan dan mematikan suara, menggunakan pena elektronik, memulai/menghentikan proses perekaman layar, menyesuaikan kwalitas gambar, pengalihan antar jendela dan mode layar penuh, mengunci/membuka akses keyboard dan mouse, dan mengubah prioritas perekaman tampilan.

6) Beberapa macam file media dapat diputar/ditayangkan di jaringan
Sekarang e-Learning Class Software 6.0 dapat menampilkan berbagai file media kepada siswa, diantaranya:
1. File Windows Media: *.ASF.
2. File Windows Video: *.AVI, *.WMV.
3. File VCD: *.DAT, *.MPG, *. MPEG.
4. File Audio: *.MP3, *.WAV.

7) Rekam, jeda (pause) dan lanjutkan
Guru dapat merekam operasional desktop-nya menjadi sebuah file. Selama merekam, guru dapat menghentikan sejenak dan kemudian melanjutkan proses perekaman

8) Properti Siswa
Guru dapat mengakses nama komputer, nama login dan informasi. Guru dapat menyusun daftar aplikasi siswa, proses, dan identitas. Guru juga dapat menghentikan dari jauh proses kegiatan siswa.

---

Menurut pihak PT Intel Indonesia, CMPC ini akan dirilis ke pasaran Indonesia pada bulan Juli 2008 dengan harga 'tidak lebih' dari US$ 400 per-unit! Anda berminat? :)


Senin, Februari 25, 2008

Jurnal Konsultan: Minggu XXXVIII (02.2008)


Senin, 25 Februari 2008

[Era Digital Printing, Depok: 09.00-14.30] Bersama Imam Wahyudi mendesain, melay-out dan mencetak digital sampul (dummy) buku (1) 'Feasibility Study of the Establisment of the SEAMEO Regional Center for Language (SEAMEO-RECFOL)', (2) 'Feasibility Study of the Establisment of the SEAMEO Regional Center for Mathematics (SEAMEO-RECFOM)'. (3) 'Feasibility Study of the Establisment of the SEAMEO Regional Center for Science (SEAMEO-RECFOS)', dan (4) 'Executive Summary of SEAMEO | RECFOL, RECFOM and RECFOS'.

Selasa, 26 Februari 2008
[R. Konsultan TIK: 08.00-15.00] Menyerahkan
(dummy) buku (1) 'Feasibility Study of the Establisment of the SEAMEO-RECFOL', (2) 'Feasibility Study of the Establisment of the SEAMEO-RECFOM'. (3) 'Feasibility Study of the Establisment of the SEAMEO-RECFOS', dan (4) 'Executive Summary of SEAMEO | RECFOL, RECFOM and RECFOS'. Menyiapkan bahan dan materi presentasi tentang program Peer Coaching.
[Griya Astoeti, Cisarua: 19.00-23.00] Bersama Pak Budiana (Dikmenti DKI Jakarta), Bu Sri Rahayuningsih (SMAN 67 Jakarta), dan Pak Asep Zaenal Rahmat (SMAN 5 Bogor) menuturkan pengalaman mengimplementasikan program peer coaching berikut kendala yang dihadapi dan tantangan yang akan akan dihadapi.

Rabu, 27 Februari 2008
[Hotel Griya Astoeti, Cisarua: 08.30-13.00] Bersama Ibu Sri Rahayuningsih (SMAN 67 Jakarta) memandu Tim A dalam penyusunan: (1) Bab II tentang Konsep Peer Coaching yang meliputi: a. Dasar Pemikiran, b. Konsep Peer Coaching, c. Model-model Peer Coaching, d. Model Peer Coaching, e. Tujuan Peer Coaching, f. Manfaat Peer Coaching, dan g. Sasaran Peer Coaching | dan (2) Bab III tentang Strategi Sosialisasi dan Implementasi Peer Coaching yang meliputi: a. Strategi Sosialisasi, dan b. Strategi Implementasi.
[R. Konsultan TIK Biro PKLN: 16.30-19.30] Mengkoordinasikan kegiatan Vi-Con Pembukaan putaran perdana Festival Game Tech dan Animasi 2008 di Poliseni Yogyakarta pada tanggal 1 Maret 2008 jam 09.00 WIB / 10.00 WITA yang akan diikuti oleh ICT Center Kota Denpasar, ITB Bandung, ITS Surabaya, Udinus Semarang, dan Biro PKLN Setjen Depdiknas.
[R. Mawar, Hotel Griya Astoeti, Cisarua: 21.00-23.00] Mengikuti rapat perumusan program Peer Coaching bersama Tim A (Konsep Peer Coaching) dan Tim B (Sistem Peer Coaching).

Kamis, 27 Februari 2008
[R. Mawar, Hotel Griya Astoeti, Cisarua: 08.00-12.00] Mengikuti rapat finalisasi rancangan program Peer Coaching melalui e-dukasi.net.
[R. Bougenville, Hotel Griya Astoeti, Cisarua: 13.00-16.00] Mengikuti rapat finalisasi program Sosialisasi TIK tahun 2008.
[R. Konsultan TIK: 19.00-22.00] Mem-backup file buku (1) 'Feasibility Study of the Establisment of the SEAMEO-RECFOL', (2) 'Feasibility Study of the Establisment of the SEAMEO-RECFOM'. (3) 'Feasibility Study of the Establisment of the SEAMEO-RECFOS', dan (4) 'Executive Summary of SEAMEO | RECFOL, RECFOM and RECFOS'.

Jum'at, 29 Februari 2008
[
R. Konsultan TIK: 10.00-11.30] Mem-backup data-data Pelatihan Jardiknas 2008.
[Starbuck, Plaza Senayan: 13.30-15.00] Mendiskusikan rancangan program-program Pelatihan Multimedia Edutainment dan Penanganan Virus Komputer bagi guru dan/atau tenaga kependidikan tahun 2008 serta Outlet untuk Mini Workshop Multimedia bersama Ibu Lily dan Ibu Galih dari Solusi.
[R. Windows : 16.00-17.30] Mendiskusikan strategi sosialisasi dan distribusi Classmate PC (edisi khusus plus USB Webcam + USB Flashdisk 2/4 GB) untuk e-Learning SD dan SMP bersama Intel Indonesia, Microsoft Indonesia, dan Zyrex.


Sabtu, 1 Maret 2008
[Auditorium P4TK Seni & Budaya - Poliseni Yogyakarta: 10.00-12.00] Mengikuti kegiatan pembukaan Festival Game Tech dan Animasi 2008 yang dibuka oleh Karo PKLN Setjen Depdiknas.
[R. KBM, P4TK Seni & Budaya - Poliseni Yogyakarta: 19.00-22.00] Memantau proses penjurian Animasi peserta Festival Game Tech dan Animasi 2008.

Minggu, 2 Maret 2008
[Lobby Auditorium P4TK Seni & Budaya - Poliseni Yogyakarta: 08.00-12.00] Memantau proses penjurian Game Tech peserta Festival Game Tech dan Animasi 2008 kelompok Siswa.
[R. Pameran P4TK Seni & Budaya - Poliseni Yogyakarta: 13.00-17.00] Memantau proses penjurian Game Tech peserta Festival Game Tech dan Animasi 2008 kelompok Mahasiswa dan Umum.

Senin, 3 Maret 2008
[Auditorium P4TK Seni & Budaya - Poliseni Yogyakarta: 08.30-12.00] Mengikuti Seminar Game Tech dan Animasi 2008 yang bertema: "Kreatifitas Seni dan Teknologi melalui Game Tech dan Animasi untuk Kesejahteraan Hidup".

Selasa, Februari 19, 2008

Ayat-ayat Cinta itu..

Ayat-ayat Cinta




Senin malam Selasa, 18 Februari 2008, jam 20.55 malam

Setelah sholat Isya di musholla Gedung C Lantai 7, bergegas aku ke lift untuk turun cepat ke Lantai 1.
Sial, gerbang belakang yang menjadi akses ke Plaza Senayan telah ditutup, ditengah gerimis hujan.. kulompati saja pintu gerbang itu..

Malam itu lantai Plaza Senayan XXI telah disesaki calon penonton yang hendak menyaksikan tayangan perdana film "Ayat-ayat Cinta" bersama beberapa aktor dan aktris pemerannya..
Sejumlah artis dan undangan lain berbaur di lounge Plaza Senayan XXI. Sejumlah gadis yang didandani cantik berjilbab dan bercadar ala Aisha hilir-mudik, sesekali menawarkan cadar kepada penonton wanita berjilbab, dengan harapan dibeli dan dipakai selama atau setelah menyaksikan film Ayat-ayat Cinta nanti..

Aku memegang tiket Studio 2 kursi C18 yang telah kubeli Kamis tanggal 14 Februari 2008 yang lalu.. Setelah kubeli sepotong Pizza dan Ice Lemon Tea, buru-buru saja aku menuju dan masuk ke Studio 2 dan mencari kursiku di baris C nomor 18, theme song 'Ayat-ayat Cinta' yang dilantunkan Rossa terus-menerus mensyahdukan suasana studio yang dingin dan rinai hujan di luar sana..


Beberapa menit kemudian dari sudut kanan tampak serombongan penonton memasuki studio, oh... rupanya penonton istimewa :) keluarga sang produser dan beberapa pemeran film Ayat-ayat Cinta mendampingi dan mengantarkan Bang Din Syamsudin (Ketua PP Muhammadiyah) dan Bung
Adhyaksa Dault (Menpora) duduk di baris E tengah (tentunya lokasi paling strategis untuk menyaksikan sebuah film di dalam studio). Persis disamping kananku duduk H. Elroy Usman di kursi C17, artis inilah yang nanti akan berperan sebagai Pengacara bagi Fahri atas permintaan Aisha.

Tepat pukul 21.25
film Ayat-ayat Cinta dimulai...

Cerita mengalir seperti madah yang tersusun indah di halaman novel 'Ayat-ayat Cinta'-nya Habiburrahman El Shirazy.. seperti di dalam novelnya, film ini juga memberi ruang subtitel (pengganti foot-note) ketika ada dialog dalam bahasa Arab, Inggris atau Jerman.

Aku mencoba larut dalam ketokohan Fahri yang saleh dan akhirnya harus didera kenyataan hidup dan kesaksian cinta kasih yang rumit antara Maria Girgis, Nurul binti Ja'far Abdur Razaq, Noura binti Bahadur, dan Aisha..


Setelah " Bab 20 Ikatan Suci" dan "Bab 21 Kecupan Pertama" antara Fahri dan Aisha berlalu, beberapa penonton wanita tampak tersedu sedan menahan haru dan sedih tatkala menyaksikan kemasygulan Maria dan kepatah-hatian Nurul yang akhirnya harus menerima kenyataan pahit 'cinta' mereka yang kandas di padang pasir sahara.. tidak hanya bertepuk sebelah tangan, tetapi kehilangan cahaya ditengah terik siang hari..

Kukatakan tadi, aku mencoba lebur ke dalam jiwa Fahri sang suami yang saleh..
Saat Nurul bersikukuh untuk menjadi istri bagi suami Aisha

Saat hukuman mati mengancam Fahri atas 'dakwaan' sarat fitnah memperkosa Noura..
Saat Aisha 'meminta' Fahri untuk menikahi Maria yang tengah koma karena didera depresi kehilangan cinta Fahri
demi kesaksian untuk menyelamatkan suami Aisha dari hukuman mati..
dan demi masa depan buah cinta Fahri dan Aisha..
Saat...
Aisha menyerahkan cincin kawinnya kepada Fahri untuk mahar pernikahan suaminya dengan Maria yang diridhainya..

di saat itulah... mataku berkaca...ada keharuan yang tidak dapat kutuliskan dengan kata-kata

Aisha adalah tesis sejati...bahwa setiap wanita hanya memiliki satu hati untuk satu cinta..

satu cinta yang dapat menelan semua keindahan bumi dan jagat raya..

meskipun akhirnya ia harus rela berqurban dengan cara termulia..


Sesungguhnya syurga itu ada disini..

dimana Aisha-aisha menyadari..

bahwa tak ada cinta yang lain..


Tak terasa 117 menit
telah berlalu...

Film Ayat-ayat Cinta dipungkas dramatis dengan kematian Maria saat sholat sambil berbaring berjama'ah bersama Fahri dan Aisha..


Pintu keluar studio telah dibuka..

Aku bergegas keluar dengan hati berdegup di kegelapan malam yang basah diharu biru rinai hujan

berharap dapat bertemu Aisha yang saleha dan mulia itu..


--


malam ini Jakarta diguyur hujan lagi..

aku sudah berbaring di tempat tidur..

namun belum juga dapat kupejamkan mata ini

aku mulai merindui sosok Aisha..

sayang, engkaukah Aisha-ku?

yang ikhlas dicinta dan mencintai..

atas nama Allah..


Salemba, 19 Februari 2009
| 02:13 WIB

---

Salam takzin untuk akhina,

Habiburrahman El Shirazy

Senin, Februari 18, 2008

Jurnal Konsultan: Minggu XXXVII (02.2008)


Senin, 18 Februari 2008
[R. Konsultan TIK: 07.00-12.00] Menyiapkan draft buku
"Feasibility Study of the Establishment of the SEAMEO Regional Center for Mathematic (SEAMEO-RECFOM)"
[R. Bidang Teknologi Komunikasi, Pustekkom: 15.00-18.00] Mendiskusikan program dan pola kolaborasi antara Pustekkom, Ditjen PMPTK, Telkom, Intel Indonesia, dan Microsoft Indonesia untuk pelatihan-pelatihan tahun anggaran 2008.

Selasa, 19 Februari 2008
[R. Konsultan TIK, Gedung C lantai 7: 08.00-13.00] Menyunting akhir, mencetak dan menyerahkan Draft 'Feasibility Study of the Establisment of the SEAMEO Regional Center for Language (SEAMEO-RECFOL)' dan 'Feasibility Study of the Establisment of the SEAMEO Regional Center for Science (SEAMEO-RECFOS)'.
[R. 702, Biro PKLN Setjen Depdiknas: 14.30-15.30] Mengikuti rapat koordinasi Bagian Sistem Informasi Biro PKLN Setjen Depdiknas.
[R. Konsultan TIK, Gedung C lantai 7: 16.00-17.00] Menyunting akhir, mencetak dan menyerahkan Draft 'Executive Summary 3 Feasibility Study of SEAMEO RECFOL, RECFOM and RECFOS'.
[R. Sidang 1, Syahida Inn lantai 6, Komplek II UIN Ciputat: 20.00-22.00] Menghadiri pembukaan kegiatan Lokakarya Penyusunan Buku Panduan Pelatihan Pemanfaatan TIK, Manajemen Jardiknas, dan Pembuatan Bahan Ajar berbasis TIK yang akan diselenggarakan oleh Pustekkom bekerja sama dengan Direktorat-direktorat terkait di lingkungan Ditjen PMPTK dan Ditjen Mandikdasmen pada tahun 2008.

Rabu, 20 Februari 2008
[R. Sidang 1, Syahida Inn lantai 6, Komplek II UIN Ciputat: 08.00-15.00] Bersama Tim A menyusun Buku Panduan Pelatihan Pemanfaatan TIK.
[R. Sidang Madya 2, Syahida Inn lantai 6, Komplek II UIN Ciputat: 16.00-18.00] Bersama Tim B menyusun Buku Panduan Pelatihan Manajemen Jardiknas.
[R. Sidang 1, Syahida Inn lantai 6, Komplek II UIN Ciputat: 19.00-22.00] Menyajikan Draft Buku Panduan Pelatihan Pemanfaatan TIK dan menyimak penyajian Draft Buku Panduan Pelatihan Manajemen Jardiknas yang disampaikan oleh Koordinator Tim B.

Kamis, 21Februari 2008
[R. Sidang 1, Syahida Inn lantai 6, Komplek II UIN Ciputat: 08.00-10.00] Menyimak penyajian Draft Buku Panduan Pembuatan Bahan Ajar yang disampaikan oleh Koordinator Tim C
[R. Rapat Pimpinan Pustekkom, Gedung C lantai 2: 14.30-16.00] Menyajikan konsep Struktur Organisasi Jardiknas 2008 dan Pemetaan Sumber Daya Manusia (SDM) jardiknas dari Pusat (Headquarter), Provinsi (Provider), Kabupaten/Kota (Center), Kecamatan (Cluster), dan Desa/Kelurahan (Shelter) yang difraksi menjadi Zona e-Administrasi, Zona e-Pembelajaran dan Zona Bahasa & Budaya.
[R. Konsultan TIK, Gedung C lantai 7: 16.00-21.00] Menyunting dan mencetak Draft 'Feasibility Study of the Establisment of the SEAMEO Regional Center for Mathematics (SEAMEO-RECFOM)'.

jum'at, 23 Februari 2008
[R. Konsultan TIK, Gedung C lantai 7: 08.00-11.00] Menyunting akhir dan mencetak Draft 'Feasibility Study of the Establisment of the SEAMEO Regional Center for Mathematics (SEAMEO-RECFOM)'.
[R. Mawar, Griya Astoeti, Cisarua: 15.00-21.00] Bersama tim pakar dan praktisi e-Learning menyusun Draft Panduan Penyelenggaraan e-Learning Award 2008 yang diselenggarakan oleh Pustekkom.

Sabtu, 24 Februari 2008
[R. Catleya, Griya Astoeti, Cisarua: 08.00-12.00] Bersama tim pakar dan praktisi e-Learning menyusun Draft Sistem Penjurian dan Srategi Penyelenggaraan pada Penyelenggaraan e-Learning Award 2008 yang diselenggarakan oleh Pustekkom pada bulan Agustus 2008.


Jumat, Februari 15, 2008

Program Prioritas Depdiknas 2008


1) Penuntasan Wajar Dikdas 9 Tahun
- Melanjutkan BOS dan BOS Buku bagi SD dan SMP
- Beasiswa bagi siswa miskin SD/MI dan SMP
- Rehabilitasi gedung SD/MI dan SMP
- Pembangunan USB dan RKB SMP
- Pembangunan perpustakaan dan laboratorium SD dan SMP
- Peningkatan mutu pembelajaran SD dan SMP
- UN SD dan SMP
- Peningkatan ketersediaan dan kesejahteraan Guru SD dan SMP
- Peningkatan kualifikasi, kompetensi, dan sertifikasi guru SD dan SMP
- Pendidikan khusus dan pendidikan layanan khusus
- Optimalisasi pemanfaatan Jardiknas
- Sosialisasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SD dan SMP
- Akreditasi SD dan SMP

2) Peningkatan Aksesibilitas, Mutu, Daya Saing, dan Relevansi Pendidikan Menengah
- Beasiswa untuk siswa miskin SMA/SMK
- Rehabilitasi sekolah (SMA/SMK/MA)
- Pembangunan USB dan RKB terutama di pedesaan
- Beasiswa prestasi siswa SMA/SMK
- Pembangunan perpustakaan, laboratorium, workshop, dan pusat sumber belajar berbasis TIK di SMA/SMK
- Penerapan e-pembelajaran di SMA/SMK
- UN SMA/SMK
- Peningkatan ketersediaan dan kesejahteraan Guru SMA/SMK
- Peningkatan kualifikasi, kompetensi, dan sertifikasi guru SMA/SMK
- Pendidikan khusus dan pendidikan layanan khusus
- Sosialisasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SMA/SMK
- Akreditasi SMA/SMK

3) Peningkatan Aksesibilitas, Mutu, Daya Saing, dan Relevansi Pendidikan Tinggi
- Pengadaan gedung dan peralatan laboratorium
- Pendirian Politeknik baru dan peningkatan kapasitas Politeknik yang sudah ada
- Penguatan IPTEK PT melalui hibah kompetisi
- Beasiswa untuk mahasiswa miskin
- Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat
- Penerapan e-pembelajaran
- Peningkatan kualifikasi, kompetensi, dan sertifikasi dosen
- Akreditasi

4) Peningkatan Pendidikan Luar Sekolah
- Penyelenggaraan PAUD rintisan
- Penyelenggaraan pendidikan keaksaraan fungsional
- Penyelenggaraan pendidikan kesetaraan (Paket A, B dan C)
- Penyelenggaraan kursus kecakapan hidup dan magang


[Rembug Nasional Depdiknas 2008]


Kamis, Februari 14, 2008

Laporan Kinerja: Media Jardiknas

media.diknas.go.id


Sistem pendidikan yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) umumnya ditentukan oleh 3 komponen strategis, komponen itu adalah SDM, Jejaring dan Konten. SDM dikembangkan melalui sejumlah pelatihan berbasis TIK (baik online maupun offline), Jejaring dikembangkan melalui jalinan infrastruktur telekomunikasi (baik kabel, nirkabel ataupun satelit), dan Konten dikembangkan melalui berbagai piranti lunak (baik sistem operasi, aplikasi multimedia, aplikasi web, maupun program intelejen artifisial).

Setelah sukses mengembangkan Jardiknas (Jejaring Pendidikan Nasional) yang menjangkau 34 kantor Dinas Pendidikan Provinsi, 462 kantor Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, 119 Unit Depdiknas, 66 Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), 30 Perpustakaan dan Museum Nasional, 93 ICT Center, dan 300 Perguruan Tinggi. Kemudian disusul sukses Pelatihan Jardiknas 2007 yang diikuti oleh 38.000 partisipan di 216 kabupaten/kota dengan e-Portofolio yang diperkirakan akan mencapai 113.000-an. Maka Biro PKLN memandang penting untuk menciptakan dan menyediakan media yang menjadi konten Jardiknas.

Maka tepat tanggal 7 Juli 2007 (07-07-07), Biro PKLN merilis Media Jardiknas yang didesain sebagai Pusat Sumber Belajar (PSB) berbasis multimedia bagi semua jenjang pendidikan, dari Pra-Sekolah sampai Perguruan Tinggi serta Pendidikan Luar Sekolah. Selain sebagai PSB, Media Jardiknas juga berfungsi sebagai bank bahan ajar yang dikembangkan bersama dari, oleh dan untuk Guru/Dosen/Widyaiswara. Dengan demikian diharapkan kontennya selalu aktual terhadap kurikulum yang berlaku saat ini (KTSP) dan yang akan datang.

Dengan mengambil inspirasi dari web video YouTube yang sangat populer di internet, maka Media Jardiknas pun dikembangkan dengan fitur video, audio, foto, dan dokumen. Pengguna Media Jardiknas dapat mengunggah Video berformat: AVI, FLV, MOV, MPE, MPG, 3GP, WMV; Audio berformat: MP3; Foto berformat: GIF, JPG, PNG; dan Dokumen berformat: PDF. Tentunya dengan ketentuan ukuran setiap file maksimum 20 Mb. Hingga tanggal 13 Februari 2008, jumlah media yang telah terunggah di Media Jardiknas mencapai 338 video, 59 audio, 431 foto, dan 4.462 dokumen.

Kemudahan dan kecepatan akses Media Jardiknas - yang beralamat di media.diknas.go.id dan beranggotakan 3.990 guru dan tenaga kependidikan - ini telah teruji, baik di dalam negeri melalui intranet Jardiknas maupun di luar negeri melalui internet global. Hingga saat ini tercatat 17.186 kunjungan dari 38 negara, diantaranya: Indonesia (97,06%), Hong Kong (0,71%), USA (0,38%), Malaysia (0,36%), Norway (0,32%), Singapore (0,19%), Germany (0,11%), Australia (0.07%), Japan (0.06%), Korea (0.05%), Netherlands (0.04%), Syrian Arab Republic (0.03%), Bangladesh (0.02%), United Kingdom (0.02%), Thailand (0.02%), Switzerland (0.02%), dan China (0.01%).

Biro PKLN menyadari bahwa Media Jardiknas ini masih perlu disosialisasikan secara intensif ke seluruh guru dan siswa serta orang tua siswa. Oleh karena itu sejumlah upaya strategis akan terus dilakukan secara sistemik dan sinergis melalui Jardiknas dan jejaring-jejaring nasional lainnya.