Minggu, Juli 08, 2007

Lenggang Jakarte ala Kwarta


sejak 28 Mei 2007 lalu ane bertugas di Jakarta

Senin sampe Kamis di Jakarte, Jum'at dan Sabtu (boleh) di Malang

setiap hari, ane berangkat kerje dari rumeh di Kebon Jeruk jam 06.30 pagi

jalanan ke kantor terase lengang dan udare kehirup seger..
tiba di Biro PKLN Depdiknas Gedung C Lantai 7 jam 06.50 pagi

ane pulang kantor paling cepet jam 21.00 malem

jalanan nuju rumah juge lengang dan udare malam terase seger..
tiba di rumah Kebon Jeruk paling cepet 21.20 malem

nah, siape bilang Jakarte macet?


Selamat Hari Ulang Taon ke-480 buat Kote Jakarte

kini ane balik ke kampung halaman, setelah 37 taon ane dirantau..
untuk Indonesia tercinte..

---

tabik!
ane, cucunye Hajjah Cholillah Thamrin dan Baba Hajji Sulaiman Rasjim, Kebon Kacang
Keluarga Besar Thamrin Mohamad Thabrie
, Sawah Besar
(ayahandanye Mohamad "Mat Seni" Hoesni Thamrin)

Sabtu, Juli 07, 2007

Agenda Liburan Salsa & Habib di Jakarta, Depok dan Bandung


(Kado Naik Kelas/Lulus dengan Nilai Memuaskan)

Minggu, 1 Juli 2007
Terbang dari Surabaya ke Jakarta dengan Adam Air KI 179 jam 19.45
Menginap di rumah Mamah Eta (Mamah 3)


Senin, 2 Juli 2007

Silaturrahim di rumah Om Alit (Om 5) dan Tante Vita di Cipulir, Jakarta Selatan.


Selasa, 3 Juli 2007

Silaturrahim di rumah Kakek Moeng (adik kandungnya Kakek Hajji Bucharie) di Cengkareng, Jakarta Barat
Keliling kota Jakarta dengan TransJakarta (Busway).
Jalan-jalan di Plaza Senayan dan Senayan City bersama Mamah Eta.


Rabu, 4 Juli 2007

Silaturrahim di rumah Nenek Buyut Hajjah Cholilah Thamrin (ibundanya Nenek Tjitijih Djunaesih almarhumah) di Kebon Kacang, Jakarta Pusat.


Kamis-Jum’at, 5-6 Juli 2007

Ke Bandung naik Kereta Api Parahyangan Eksekutif dari Jakarta Gambir jam 08.25 bersama Mamah Eta.
Silaturrahim ke keluarga besar Kakek Hajji Bucharie di Kebon Kawung, Bandung
Menginap di rumah Nenek Yati (adik kandungnya Kakek Hajji Bucharie) di Pasir Kaliki, Bandung
Jalan-jalan ke Pasar Baru, beli sepatu, sandal dan jaket bersama Mamah Eta dan Tante Asri.


Sabtu, 7 Juli 2007

Ke Jakarta Gambir naik Kereta Api Argo Gede dari Stasiun Bandung jam 07.35 bersama Papah.
Ke Planetarium TIM, dan Monumen Nasional (Monas) bersama Om Alit, Tante Vita, Rayhan, dan Vinsa.
Ke Depok naik Taxi bersama Papah.
Silaturrahim dan menginap di rumah Tante Ava (Tante 8) dan Om Imam.


Minggu, 8 Juli 2007

Nonton Harry Potter di 21 Depok
Silaturrahim di rumah Nenek Hajjah Toeti (adik kandungnya Kakek Hajji Bucharie) di Mekarsari.
Silaturrahim di rumah Mbah Tiani (adik kandungnya Mbak Kakung Sutjipto) di Cililitan.


Senin-Selasa, 9-10 Juli 2007

Jalan-jalan bersama Mamah Eta.


Rabu, 11 Juli 2007

Terbang dari Jakarta ke Surabaya dengan Adam Air KI 190 jam 06.25 WIB.


Senin, Juli 02, 2007

Jurnal Konsultan: Minggu VI [07.2007]


Senin, 02 Juli 2007
[R. Konsultan TIK: 07.00-10.00] Menyusun Kebijakan dan FAQ Pelatihan Jardiknas 2007.
[Studio ViCon: 10.00-12.00] Memaparkan program Pelatihan Jardiknas 2007 melalui Televideo Conference dengan Provider Zona Sumatera & NTB:
01. AMIKOM Mataram
02. Politeknik Negeri Batam
03. Politeknik Negeri Jambi
04. Politeknik Negeri Lampung
05. Politeknik Negeri Lhokseumawe
06. Politeknik Negeri Medan
07. Politeknik Negeri Padang
08. Universitas Bangka Belitung
09. Universitas Mataram
10. Universitas Muhammadiyah Bengkulu
11. Universitas Negeri Lampung
12. Universitas Negeri Riau
13. Universitas Sriwijaya, dan
14. Universitas Syah Kuala NAD
bersama Pak Shasha, Pak Khalid, Pak Bambang dan Pak Yosep.

[Studio ViCon: 14.00-16.00] Memaparkan program Pelatihan Jardiknas 2007 melalui Televideo Conference dengan Provider DKI Jakarta, Jawa Barat dan DI Yogyakarta:
0
1. IPB Bogor
02. Poliseni Yogyakarta
03. Politeknik Muhammadiyah Yogyakarta
04. Politeknik Negeri Jakarta
05. Politeknik Negeri Sukabumi
06. Politeknik TEDC Bandung
07. Politeknik YDHI Yogyakarta
08. STMIK AKAKOM
09. STMIK AMIK Bandung
10. STMIK IKMI Cirebon
11. STMIK Subang
12. STMIK Tasikmalaya
13. UGM
14. Universitas Negeri Jakarta, dan
15. VEDCA Cianjur

bersama Pak Khalid dan Pak Bambang.


[R. Konsultan TIK: 16.00-17.00] Menyusun dan meng-upload format Pijar-01 Pendaftaran Tempat
Pelatihan, Pijar-02 Pendaftaran Kepala Sekolah, dan Pijar-03 Pendaftaran Guru, TU dan Pustakawan ke mailing-list 'konsultan-ict', 'dikmenjur' dan 'my-schoolnet'.
[R. Konsultan TIK: 17.00-20.00] Mengembangkan YouTube versi Jardiknas [media.jardiknas.org] dengan aplikasi OS Tube bersama Pak Idham Arifin (Administrator Jardiknas).

Selasa, 03 Juli 2007

[R. Konsultan TIK: 07.00-10.00] Melanjutkan penyusunan Kebijakan & FAQ Pelatihan Jardiknas 2007 berdasarkan hasil Televideo Conference Sosialisasi Program Teknisi Jardiknas & Pelatihan Jardiknas 2007 Hari I.
[Studio ViCon: 10.00-12.00] Memaparkan program Pelatihan Jardiknas 2007 melalui Televideo Conference dengan Provider Zona Sulawesi dan Indonesia Timur:
01. AMIK Yapenas Kendari
02. Politeknik Negeri Ambon
03. Politeknik Negeri Kupang
04. Politeknik Negeri Manado
05. Politeknik Negeri Ujung Pandang
06. Universitas Al-Assariah Mandar
07. Universitas Hasanuddin
08. Universitas Khairun
09. Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
10. Universitas Negeri Gorontalo
11. Universitas Papua
12. Universitas Papua Manokwari
13. Universitas Sains dan Teknologi Jayapura,
14. Universitas Tadulako
bersama Pak Budi Purwaka, Pak Khalid, dan Pak Bambang


[Studio ViCon: 14.00-16.00] Memaparkan program Pelatihan Jardiknas 2007 melalui Televideo Conference dengan Provider Jawa Timur & Kalimantan:
01. PENS-ITS Surabaya
02. Politeknik Madiun
03. Politeknik Negeri Balikpapan
04. Politeknik Negeri Banjaramasin
05. Politeknik Negeri Jember
06. Politeknik Negeri Malang
07. Politeknik Negeri Pontianak
08. Politeknik Negeri Samarinda
09. Universitas Muhammadiyah Malang
10. Universitas Negeri Malang
11. Universitas Negeri Palangkaraya
12. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, dan
13. VEDC Malang
bersama Pak Khalid, Pak Bambang dan Bu Edvi

[R. Konsultan TIK: 16.00-18.00] Melanjutkan penyusunan Kebijakan & FAQ Pelatihan Jardiknas 2007 berdasarkan hasil Televideo Conference Sosialisasi Program Teknisi Jardiknas dan Pelatihan Jardiknas 2007 Hari II.
[R. Konsultan TIK: 18.00-20.00] Mem-posting Kebijakan & FAQ Pelatihan Jardiknas 2007 ke mailing-list 'konsultan-ict', 'dikmenjur' dan 'my-schoolnet'.

Rabu, 04 Juli 2007
[R. Sistem Informasi: 08.00-10.00] Mencetak serta meng-upload semua dokumen dan format Pelatihan Jardiknas 2007 ke web: pelatihan.jardiknas.org
[R. Direktorat PTKPN, Ditjen PMPTK: 10.00-11.00] Mengkoordinasikan program Pelatihan Jardiknas 2007 bersama Direktur PTKPN serta membahas rencana kerjasama pelatihan Staf UPTD/Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan di 30 LPMP seluruh Indonesia.
[Studio ViCon: 14.00-16.00] Memaparkan program Pelatihan Jardiknas 2007 melalui Televideo Conference dengan Provider Jawa Tengah & Bali:
01. AMIK PGRI Kebumen
02. Politeknik Harapan Bangsa Tegal
03. Politeknik Negeri Bali
04. Politeknik Negeri Semarang
05. STMIK AKI Pati
06. STMIK AUB Surakarta
07. STMIK Widya Pratama Pekalongan
08. STMIK YMI Tegal
09. Universitas Dian Nuswantoro Semarang
10. Universitas Jenderal Soedirman
11. Universitas Muhammadiyah Magelang
12. Universitas Sains Al-Qur’an Wonosobo, dan
13. Universitas Surakarta
bersama Pak Siswoyo, Pak Khalid dan Pak Bambang

Kamis, 05 Juli 2007

[R. Konsultan TIK: 08.00-10.00] Menyusun 33 Format Quick Count Provinsi tentang kesanggupan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota terhadap Kuota Pelatihan Jardiknas 2007.
[Studio ViCon: 10.00-12.00] Sosialisasi program Teknisi Jardiknas dan Pelatihan Jardiknas peer to peer dengan Dinas Pendidikan Kota Cirebon bersama Pak Bambang dan Pak Ade (Pendamping ICT Jawa Barat)
[R. Konsultan TIK: 13.00-21.00] Mengembangkan antarmuka dan sistem laman Media Jardiknas [media.jardiknas.org] melalui kerja kolaboratif cerdas antara Sdr. Idham Arifin (Administrator Server Jardiknas) dan Sdr. Fazhar Restu (Administrator Database Jardiknas) di Jakarta dan Sdr. Galih Putra Pradhana (Mahasiswa Teknisi Jardiknas di Universitas Negeri Malang) di Malang.

Jum’at, 06 Juli 2007

[R. Konsultan TIK: 08.00-09.00] Meng-upload beberapa video (yang sudah dikonversi menjadi FLV) dan mengubah antarmuka laman Media Jardiknas ke dalam Bahasa Indonesia.
[R. Konsultan TIK: 09.00-10.00] Meng-upload 33 Format Quick Count Pelatihan Jardiknas per-Provins dan mem-posting ketentuan Format Proposal Pelatihan Jardiknas (A4) ke milis ‘konsultan-ict’.
[R. Rapat Direktur Aplikasi Telematika, Depkominfo: 10.00-11.30] Mewakili Kepala Biro PKLN di dalam Rapat Sosialisasi APMI (Asosiasi Penyelenggara Multimedia Indonesia bersama anggota APMI. Mempresentasikan MudiaJardiknas di depan panel Depkominfo dan APMI.
[R. Konsultan TIK: 13.00-16.00] Meng-upload beberapa audio (MP3) lagu-lagu perjuangan ke Media Jardiknas dan melanjutkan pengubahan antarmuka laman Media Jardiknas ke dalam Bahasa Indonesia.

Jumat, Juni 29, 2007

Jurnal Konsultan: Minggu V [06.2007]


Senin, 25 Juni 2007
[PT. Inti, Bandung: 08.00-12.00] Mengikuti Seminar “Peluang Industri Software dalam Menyongsong Layanan 4G” bersama Pak Bambang Eka Purnama,
[R. Konsultan TIK: 17-21.00] Merevisi “Buku Pedoman Pelaksanaan Pelatihan Jardiknas 2007” (Versi 4.0) dan Executive Summary-nya.

Selasa, 26 Juni 2007
[R. Konsultan TIK: 08.00-10.00] Menyusun Kata Pengantar untuk “Buku Telaah Program TIK Depdiknas” (Laporan Hasil Kerja Panja TIK Komisi X DPR-RI dan Tim TIK Depdiknas) berdasarkan arahan Sesjen Depdiknas.
[R. 701: 14.00-16.00] Mengikuti Rapat dan me-review konsep “Proficiency Test of English” (PTE) yang akan disertakan dalam Program Teknisi Jardiknas bersama Tim Pengembang PTE (P4TK Bisnis dan Manajemen, Sawangan, Depok) dan Tim Rintisan PJJ.
[R. Konsultan TIK: 16.00-20.00] Merevisi “Buku Pedoman Pelaksanaan Pelatihan Jardiknas 2007” (Versi 4.0) dan Executive Summary-nya.
[R. Konsultan TIK: 20.00-21.00] Meng-upload “Buku Pedoman Pelaksanaan Pelatihan Jardiknas 2007” (Versi 4.1) dan Executive Summary-nya ke “Files” milis konsultan-ict, my-schoolnet dan dikmenjur.

Rabu, 27 Juni 2007
[R. Kabag. SI: 10.00-12.00] Mengikuti Rapat Strategi dan Sinergi program Pelatihan Jardiknas bersama Tim Ditjen PMPTK Depdiknas.
[R. Konsultan TIK: 12.00-18.00] Merivisi “Buku Pedoman Pelaksanaan Pelatihan Jardiknas 2007” (Versi 4.1) dan Executive Summary-nya, konsentrasi revisi pada (1) domain name dari: pelatihan.jardiknas.org menjadi jardiknas.diknas.go.id/pelatihan, (2) penambahan ekstensi format .odt, .ots dan .odp (OpenOffice) pada portofolio Kepala Sekolah, Guru, Tata Usaha, dan Pustakawan, dan (3) penambahan Data ICT Center di dalam Lampiran Daftar ICT Center.
[R. Konsultan TIK: 19.00-20.00] Meng-upload “Buku Pedoman Pelaksanaan Pelatihan Jardiknas 2007” (Versi 4.2) dan Executive Summary-nya ke “Files” milis konsultan-ict, my-schoolnet dan dikmenjur.

Kamis, 28 Juni 2007
[R. Staf SI.: 08.00-10.00] Me-review format-format dokumen yang diperlukan oleh ICT Center dalam mengajukan Proposal Pelatihan Jardiknas 2007 bersama Tim Rintisan PJJ.
[R. Konsultan: 10.00-17.00] Menyunting dan meng-upload: Contoh Proposal, Draft Kontrak, Draft Kwitansi, Contoh Daftar Calon Partisipan, Format NISN, Format NIGN dan Tendik ke “Files” milis: konsultan-ict, my-schoolnet dan dikmenjur.
[Terminal C Bandara Soekarno-Hatta: 19.00-20.00] Merekapitulasi Anggaran Pelatihan Jardiknas 2007 per-ICT Center Kab/Kota.

Jum’at, 29 Juni 2007
[Home: 08.00-15.00] Mendesain situs web YouTube versi Jardiknas dengan nama Media Jardiknas [media.jardiknas.org] atau[ jardiknas.diknas.go.id/media], sekaligus menyiapkan sistem uploader: Video (AVI, MPEG, MOV, MP4, 3GP, WMV, DIVX, XVID, etc), Gambar (BMP, PNG, TIF, JPG, GIF, etc), Suara (MP3, WAV, etc), dan Dokumen (PDF) bersama mahasiswa D3-TKJ.
[Hotel Sahid Surabaya: 22.00-24.00] Menyusun konsep “Mobile Teacher” untuk draft proposal “Blockgrant Guru Relawan dan Relawan Pendampingan Fasilitas Pemberdayaan Satuan Pendidikan di Daerah Khusus (Pulau-pulau Kecil).

Sabtu, 30 Juni 2007
[Hotel Sahid Surabaya: 00.00-01.30] Menyusun materi presentasi Media Jardiknas (YouTube versi Jardiknas).
[Ruang Rapat Rektorat ITS Surabaya: 09.00-09.45] Menyajikan paparan tentang "Media Jardiknas "(YouTube versi Jardiknas) di depan peserta "Workshop Beasiswa Unggulan: Implementasi Program Perencanaan Pendidikan dalam Rangka Kolaborasi antar Universitas".
[Auditorium Pasca Sarjana ITS Surabaya: 12.00-12.45] Menyajikan paparan tentang "Media Jardiknas "(YouTube versi Jardiknas) dan "Prospek Game Technology dalam Pendidikan" di depan peserta "Workshop Paradigma Baru Metode Pendidikan".

Jumat, Juni 22, 2007

Jurnal Konsultan: Minggu IV [06.2007]


Senin, 18 Juni 2007
[R. Konsultan TIK: 08.00-10.00] Merivisi persyaratan tempat workshop, fasilitator, kuota partisipan, materi, program, dan jadwal pada “Buku Pedoman Pelaksanaan Pelatihan Jardiknas 2007”.
[R. 701: 10.00-14.00] Me-review dan menjawab pertanyaan-pertanyaan Panja TIK Komisi X DPR-RI yang berkaitan dengan Jardiknas pada khususnya dan Depdiknas pada umumnya bersama Tim Jardiknas Pusat.

Selasa, 19 Juni 2007
[R. Konsultan TIK: 08.00-12.00] Menyunting daftar ICT Center, Provider, Assessor KKPI (Fasilitator), dan TUK KKPI sebagai lampiran “Buku Pedoman Pelaksanaan Pelatihan Jardiknas 2007”.
[R. 701: 12.00-16.00] Me-review Laporan (Gabungan) Kunjungan Lapangan dan Rekomendasi Tim Panja TIK Komisi X DPR-RI bersama Staf Ahli Komisi X DPR-RI.
[R. 702: 16.00-20.00] Mengikuti Rapat tindak lanjut hasil Rapat Tim Panja TIK Komisi X DPR-RI mengenai TIK Depdiknas bersama Tim TIK Depdiknas: Ka. Pustekkom, Ka. Puskur, Kasubdit Pembelajaran SMP, Kasubdit Pembelajaran SMA, Kasubdit Pembelajaran SMK, Kabag. Sistem Informasi BPKLN, Suhono Supangkat (ITB), dan Tim Jardiknas.

Rabu, 20 Juni 2007
[R. Nusantara 1 Gedung DPR-RI: 10.00-12.00] Mengikuti Rapat Panja TIK Komisi X DPR-RI membahas tentang Laporan Kunjungan Lapangan Tim Panja TIK Komisi X DPR-RI dan Tim Panja TIK Depdiknas.
[R. 702: 14.00-05.00] Menyusun, menyunting dan membukukan Laporan Kunjungan Lapangan bersama Tim Kecil Panja TIK Komisi X DPR-RI dan Tim Kecil Panja TIK Depdiknas (Sekjen Depdiknas (Ketua), Kepala Biro PKLN, Kepala Pustekkom, Sekretaris Ditjen Dikti, Kepala PSP Balitbang, dan Suhono Supangkat) menurut sistematika:
1) Pendahuluan
2) Kondisi Saat Ini (Zona)
3) Analisis-Sintesis
4) Kesimpulan dan Rekomendasi
5) Alokasi Anggaran dan Prioritas yang Akan Datang

Kamis, 21 Juni 2007
[R. 701: 10.00-12.00] Membuat paparan (PowerPoint) Laporan Kunjungan Lapangan Tim Panja TIK Komisi X DPR-RI dan Tim Panja TIK Depdiknas untuk Rapat Panja TIK Komisi X DPR-RI bersama Mendiknas RI.
[R. Staf Setjen Depdiknas: 12.00-15.00] Menyunting Buku Laporan Hasil Kerja Tim Panja TIK Komisi X DPR-RI dan Tim TIK Depdiknas berdasarkan koreksi akhir Sekjen Depdiknas RI.

[R. Nusantara 1 Gedung DPR-RI: 19.30-20.35] Mengikuti Rapat Kerja Komisi X DPR-RI dengan Mendiknas RI tentang TIK Depdiknas.

Jum'at, 22 Juni 2007
[R. 701: 13.30-15.00] Menyusun dan memasukkan sub-bab Tata-Tertib (ketentuan) ke dalam “Buku Pedoman Pelaksanaan Pelatihan Jardiknas 2007”, memaparkan kemajuan persiapan pelaksanaan Pelatihan Jardiknas 2007 dan Mengikuti paparan Executive Summary program Teknisi Jardiknas 2007 bersama Tim Rintisan PJJ.

Sabtu, 23 Juni 2007
[R. Sistem Informasi: 10.00-13.00] Menggabungkan 2 versi suntingan buku "Laporan Kunjungan Lapangan Tim Panja TIK Komisi X DPR-RI dan Tim Panja TIK Depdiknas" dari Setjen dan dari Karo PKLN + Kapustekkom Depdiknas.
[R. Sistem Informasi: 13.00-16.00] Merevisi akhir “Buku Pedoman Pelaksanaan Pelatihan Jardiknas 2007” dan menyiapkan Executive Summary-nya.

Jurnal Konsultan: Minggu III [06.2007]


Senin, 11 Juni 2007
[R. Konsultan TIK: 08.00-12.00] Menyusun Laporan Kunjungan Lapangan Tim Panja TIK Komisi X DPR-RI di Jawa Timur.
[R.702: 14.00-16.00] Memaparkan program dan me-review anggaran “Pelatihan Jardiknas 2007” bersama Tim Rintisan PJJ 2007.

Selasa, 12 Juni 2007
[R. Konsultan TIK: 08.00-12.00] Menentukan kuota partisipan “Pelatihan Jardiknas 2007” per-provinsi dan per-kabupaten.
[R. 701: 13.00-14.00] Melaporkan Hasil Kunjungan Lapangan Tim Panja TIK Komisi X DPR-RI di Jawa Timur.

Rabu, 13 Juni 2007
[R. 701: 16.00-18.00] Mengikuti Rapat Pembahasan Program Long-term “Teknisi Jardiknas” bersama Internal Bagian Sistem Biro PKLN.
[Hotel Pitagiri, Jakarta: 19.00-21.00] Mengikuti penjelasan tentang IDLN di acara Pembukaan Temu Konsultasi IDLN (Indonesian Distance Learning Network).

Kamis, 14 Juni 2007
[Hotel Pitagiri, Jakarta: 08.00-12.00] Mengikuti persiapan International Symposium on Open and Distance Learning (ISODL) 2007 yang akan diselenggarakan pada 13-15 November 2007 di Discovery Kartika Chandra Hotel, Denpasar Bali.
[Hotel Pitagiri, Jakarta: 13.00-21.00] Mewakili Kepala Biro PKLN: menyajikan materi Rintisan PJJ dan Worskhop Jardiknas 2007 di forum Temu Konsultan IDLN.[Hotel Pitagiri, Jakarta: 19.00-21.00] Mengkompilasi materi-materi sajian anggota IDLN dan merencanakan penerbitan Newsletter IDLN.

Jurnal Konsultan: Minggu II [06.2007]


Senin, 4 Juni 2007
[R. 702: 10.00-13.00] Mengevaluasi pelaksanaan D3-TKJ Zona Jawa Tengah bersama Provider PJJ DI Yogyakarta dan Jawa Tengah serta TIM PJJ Pusat.
[R. Konsultan TIK: 14.00-20.00] Menyusun kerangka “Buku Pedoman Pelaksanaan Pelatihan Jardiknas 2007”.

Selasa, 5 Juni 2007
[R. 702: 10.00-12.00] Menyusun strategi “Rapat Konsolidasi Penyerasian dan Penetapan Sasaran Program Nasional 2008” di Cipendawa, Bogor bersama internal Bagian Sistem Informasi.
[R. Konsultan TIK: 14.00-16.00] Menyusun bahan paparan (PowerPoint) Bagian Sistem Informasi di “Rapat Konsolidasi Penyerasian dan Penetapan Sasaran Program Nasional 2008” bersama Kabag SI.
[R. Konsultan TIK: 16.00-20.00] Menyusun draft “Buku Pedoman Pelaksanaan Pelatihan Jardiknas 2007”.

Rabu, 6 Juni 2007
[R. Kabag. SI: 08.00-10.00] Menyusun skenario pelaksanaan “Rapat Konsolidasi Penyerasian dan Penetapan Sasaran Program Nasional 2008” bersama Kabag SI dan Konsultan TIK Pusat.
[R. 602: 10.00-12.00] Mengikuti rapat koordinasi persiapan “Rapat Konsolidasi Penyerasian dan Penetapan Sasaran Program Nasional 2008” bersama internal Biro PKLN dan Unit-unit Utama di Lingkungan Depdiknas.
[R. 701: 12.00-14.00] Menyusun program sinergi Biro PKLN dan Ditjen PMPTK dalam program “Pelatihan Jardiknas 2007” bersama Karo PKLN, Sekretaris Ditjen PMPTK, Bagian Sistem Informsi, dan Konsultan TIK Pusat.
[R. 602: 14.00-16.00] Mengikuti rapat Pemetaan Partisipan “Pelatihan Jardiknas 2007” bersama Tim Rintisan PJJ.

Kamis, 7 Juni 2007
[R. 701: 09.00-10.00] Mengikuti rapat koordinasi pendampingan Tim Panja TIK Komisi X DPR-RI dalam Kunjungan Lapangan di 10 Provinsi.
[R. 702: 10.00-13.00] Mengevaluasi pelaksanaan program D3-TKJ Zona Jawa-Bali bersama Provider PJJ provinsi Bali, Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Timur serta Tim PJJ Pusat.
[R. 702: 13.00-14.00] Mengevaluasi kemajuan pembuatan bahan ajar D3-Teknisi Jardiknas dengah Pengampu Mata Kuliah.
[Villa & Hotel Ever Green, Puncak: 15.00-16.00] Mendampingi Karo PKLN mempresentasikan Jardiknas di Diklat Pengembangan Bahan Ajar dan Bahan Ujian berbasis TIK SMA.
[Hotel Delaga Biru, Cipendawa: 19.00-21.00] Mengikuti pembukaan “Rapat Konsolidasi Penyerasian dan Penetapan Sasaran Program Nasional 2008”.

Jum’at, 8 Juni 2007
[Hotel Delaga Biru, Cipendawa: 19.30-11.30] Memaparkan program-program Bagian Sistem Informasi Biro PKLN di Track C “Rapat Konsolidasi Penyerasian dan Penetapan Sasaran Program Nasional 2008”.

Sabtu, 9 Juni 2007

[Kota Surabaya-Malang: 07.30-17.30] Mendampingi Tim Panja TIK Komisi X DPR-RI melaksanakan Kunjungan Lapangan di Dinas P & K Prov Jatim, P4TK/VEDC Malang, SMPN 5, SMAN 10, SDN Kauman 1, SMAN 4 Malang, Unibraw, dan SMK PGRI 3 Malang.

Jurnal Konsultan: Minggu I [05/06.2007]


Senin, 28 Mei 2007
[R. Kabag. SI: 18.00-19.00] Orientasi kinerja Biro PKLN Depdiknas bersama Pak Siswoyo (Kabag. Sistem Informasi).
[R. Media: 19.00-21.00] Mengenal visi, misi dan tujuan serta fungsi Jardiknas (Jejaring Pendidikan Nasional) dalam program rintisan Pendidikan Jarak Jauh.

Selasa, 29 Mei 2007
[R. 702: 10.00-13.00] Mengevaluasi pelaksanaan program D3-TKJ Zona Sumatera bersama Provider PJJ provinsi NAD, Bengkulu, Jambi, Kep. Bangka Belitung, Kep. Riau, Lampung, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara serta Tim PJJ Pusat.
[R. 701: 13.00-15.00] Mengikuti rapat kerja tentang peranan TIK Depdiknas cq Jardiknas sebagai salah satu dari 7 Flagship Nasional TIK Indonesia bersama Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (DeTIKNas).
[R. 701: 15.00-17.00] Mengikuti koordinasi persiapan materi paparan TIK Depdiknas oleh Mendiknas RI di dalam Rapat Kerja Komisi X DPR-RI bersama internal Bagian Sistem Informasi.

*PJJ = Pendidikan Jarak Jauh
**D3-TKJ = Diploma 3 Teknik Komputer dan Jaringan
***R. 701 = Ruang Rapat Kepala Biro PKLN

Rabu, 30 Mei 2007
[R. 702: 10.00-12.00] Mengevaluasi pelaksanaan program D3-TKJ Zona Kalimantan bersama Provider PJJ provinsi Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur serta Tim PJJ Pusat.
[R. 701: 12.00-14.00] Membuat slide paparan program-progran TIK Biro PKLN untuk disisipkan ke dalam paparan Mendiknas RI tentang TIK Depdiknas.
[R. Rapat Setjen Depdiknas: 14.00-16.00] Menyusun slide paparan TIK Depdiknas yang dikontribusikan oleh Tim TIK Depdiknas: Sekjen Depdiknas (Ketua), Kepala Biro PKLN, Kepala Pustekkom, Sekretaris Ditjen Dikti, Kepala PSP Balitbang, Direktur Pembinaan SMK, Direktur Pembinaan SMA, Direktur Pembinaan SMP, Direktur Pembinaan TK/SD, Sekretaris Ditjen PMPTK, Sekretaris Ditjen PLS, Sekretaris Itjen dan Suhono Supangkat (DeTIKNas).
[R. Rapat Mendiknas: 16.00-18.00] Mendampingi Tim TIK Depdiknas dalam rapat review dan revisi bahan paparan TIK Depdiknas di Komisi X DPR-RI oleh Mendiknas RI.

Kamis, 31 Mei 2007
[R. 702: 10.00-13.00] Mengevaluasi pelaksanaan program D3-TJK Zona Indonesia Timur bersama Provider PJJ provinsi Gorontalo, Irian Jaya Barat, Maluku, NTB, NTT, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Utara serta Tim PJJ Pusat.
[R. Konsultan TIK: 14.00] Menerima Surat Keputusan Kepala Biro PKLN Depdiknas nomor 24277/A2.3/PR/2007 tentang Tim Rintisan PJJ Tahun 2007 dari Karo PKLN.
[R. 702: 16.00-18.00] Mengikuti rapat pembahasan Kontrak dan Program Long-term (D3 Konsentrasi Teknisi Jardiknas) dan Short-term (Worskhop Jardiknas) bersama Tim Rintisan PJJ 2007.

Kamis, Mei 31, 2007

Media bertutur..


Kwarta @ Kompas Cyber Media
Kwarta @ Majalah e-Indonesia
Kwarta @ Public Sector Technology & Management
Kwarta @ Republika Online
Kwarta @ Sinar Harapan Online
Kwarta @ Suara Pembaruan Online


Apapun sanjung dan puji itu, sesungguhnya Engkau-lah Yang Maha Terpuji..
Ya Allah.. jadikan hamba ini sahaya yang bersahaja dan pandai mensyukuri nikmat-Mu
Terima kasih atas semua suka dan duka yang telah Engkau cukupkan kepadaku..
Sungguh Engkau selalu dalam dzikir dan fikirku..

Jakarta, 31 Mei 2007

Yang Tercinta

:: Iwan Fals & Opick ::

Tidurlah dalam pelukanku
Lelaplah dalam mimpi indah
Biarkanlah sejenak saja
Berlalu semua luka luka

Tenanglah tenanglah
Hapuskan semua duka derita
Tenanglah sayangku
Pasti kan ada hari yang indah

Andaikan masih ada resah
Eratkan lagi dekapanmu
Dan sekali lagi kau cobalah
Meski lelah hati yang ada

Tenanglah sabarlah
Pasti kan ada hari yang indah
Dekatlah sayangku
Hapuskan semua duka derita

Biar kita menipu diri dengan hangatnya cinta
Oh biar lupakan sementara semua duka terasa

Tidurlah. Tenanglah
Tidurlah. Tenanglah

:: senandung rindu untuk Anita ''Ayang'' Rizqiana tercinta ::

Amanah Baru sebagai Konsultan ICT

Subhanallah walhamdulillah...

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri (PKLN) Depdiknas Nomor: 24277/A2.3/PR/2007 tentang Pengangkatan Sekretariat Program Teknisi Jaringan dan Rintisan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) Tahun 2007 tanggal 31 Mei 2007. Terhitung mulai hari Kamis tanggal 31 Mei 2007, saya resmi menjabat sebagai Konsultan ICT sekaligus Tim Pengembang Konten Program Teknisi Jardiknas dan Rintisan PJJ di Biro PKLN Depdiknas Jakarta.

Kini saya berada di Jakarta, namun status kepegawaian saya tetap Guru/PNS SMKN 4 Malang yang diperbantukan di Biro PKLN Depdiknas Jakarta.

Saya sadar dan yakin bahwa prestasi dan kesuksesan ini bukan lantaran kinerja saya semata, tetapi atas do'a, jasa dan kinerja orang-orang yang selama ini ikhlas membantu perjuangan saya selama ini. Semoga Allah SWT membalas serta memberkahi budi baik mereka dan memberikan kekuatan lahir-batin kepada saya untuk melayani Indonesia dengan sebaik-baiknya.



Terima kasih!
Jakarta, 31 Mei 2007

Sabtu, Mei 19, 2007

Kurikulum Implementatif di SMK Negeri 4 Malang

Sejak SMT Grafika Negeri Malang berubah nama menjadi SMK Negeri 4 Malang pada tahun 1994, tercatat sudah 3 kurikulum diterapkan dengan sistem dan paradigma yang tentunya berbeda. Ketiga kurikulum tersebut ialah Kurikulum SMK 1994, Kurikulum SMK Edisi 1999, dan Kurikulum SMK Edisi 2004.
Saat ini kinerja SMK Negeri 4 Malang didukung oleh 23 Staf dan 89 Guru dengan latar belakang pendidikan: S2 = 1 orang, S1 = 74 orang, Sarjana Muda = 2 orang, D3 = 10 orang, dan SMK = 2 orang. Jumlah siswa saat ini adalah 1.768 orang yang terdiri dari Kelas X = 695 siswa, Kelas XI = 587 siswa, dan Kelas XII = 486 siswa.


Berkenaan dengan diproyeksikannya SMK Negeri 4 Malang sebagai International Giant School di Kota Malang, maka diperkirakan jumlah total peserta didik akan mencapai:

+ 2.142 siswa [62 rombongan belajar] pada tahun pelajaran 2007/2008
+ 2.855 siswa [80 rombongan belajar] pada tahun pelajaran 2008/2009
+ 4.752 siswa [132 rombongan belajar] pada tahun pelajaran 2009/2010
+ 6.480 siswa [180 rombongan belajar] pada tahun pelajaran 2010/2011
+ 7.776 siswa [216 rombongan belajar] pada tahun pelajaran 2011/2012

Sedangkan sarana dan prasarana yang tersedia saat ini untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di SMK Negeri 4 Malang antara lain adalah:

- 25 ruang kelas
- 4 bengkel kerja Persiapan Grafika
- 4 bengkel kerja Produksi Grafika
- 2 bengkel kerja Multimedia
- 1 bengkel kerja Rekayasa Perangkat Lunak
- 1 bengkel kerja Animasi
- 2 laboratorium KKPI
- 1 laboratorium Bahasa Asing
- 1 ruang Perpustakaan
- 1 Stasiun Relay dan Studio TV Edukasi Kota Malang
- 1 ruang konferensi (ICT Center Kota Malang)

Selain sarana dan prasarana di atas, tersedia pula layanan internet 256 kbps 24 jam untuk mendukung kinerja 210 unit komputer yang terjaring dalam intranet SMK Negeri 4 Malang.

A. Kurikulum SMK (Grafika) 1994
Pada tahun 1996, untuk pertama kalinya SMK Negeri 4 Malang mengundang beberapa praktisi dari perusahaan dan industri grafika terkemuka di Jawa Timur yang direpresentasikan sebagai institusi pasangan (penerima siswa prakerin dan penyerap tamatan tertinggi) untuk duduk bersama dengan para guru SMK Negeri 4 Malang dalam forum bertajuk “Sinkronisasi Kurikulum SMK (Grafika) 1994”.
Dari agenda yang berlangsung marathon dari pagi hingga petang hari tersebut, maka disepakatilah sejumlah sinkronisasi atas Kurikulum SMK (Grafika) 1994 yang akan diberlakukan di SMK Negeri 4 Malang pada tahun pelajaran 1995/1996. Setelah melalui panel dan diskusi yang cukup alot, maka forum menetapkan hal-hal sebagai berikut:

[1] peleburan (a) Teknik Susun Huruf Tangan ke dalam Typesetting berbasis komputer dan (b) Teknik Cetak Tinggi ke dalam Teknik Cetak Khusus (seperti: Stans, Pons, dan Riil);
[2] pemangkasan (a) sejumlah pokok bahasan di kelompok mata diklat Normatif dan Adaptif yang substansinya saling tumpang-tindih, dan (b) sejumlah kecakapan di kelompok mata diklat produktif yang sudah tidak relevan dengan perkembangan teknologi grafika;
[3] pembentukan (a) spesialisasi Desain Grafis, Typesetting, Fotoreproduksi, dan Teknik Pembuatan Acuan Cetak untuk program keahlian Persiapan Grafika, dan (b) spesialisasi Teknik Cetak Sablon, Teknik Cetak Offset, Teknik Cetak Khusus, dan Teknik Jilid & Kemas untuk program keahlian Produksi Grafika;
[4] penetapan (a) semester 1 dan 2 sebagai Program Dasar-dasar Grafika, artinya pada 2 semester tersebut siswa akan belajar dan berlatih dasar-dasar ke-8 spesialisasi grafika tersebut di atas, (b) semester 3 dan 4 sebagai Program Keahlian, yaitu Persiapan Grafika atau Produksi Grafika, (c) semester 5 sebagai masa Praktik Kerja Industri (Prakerin), dan (d) semester 6 sebagai Program Spesialisasi; dan
[5] perpanjangan masa Prakerin dari 6 bulan menjadi 9 bulan secara bertahap.

Inilah kurikulum implementasi pertama sekaligus komitmen yang akhirnya membuat tamatan SMK Negeri 4 Malang berterima di perusahaan dan industri grafika di Indonesia, baik sebagai praktikan maupun karyawan.

B. Kurikulum SMK (Grafika) Edisi 1999
Belum genap 5 tahun implementasi hasil-hasil sinkronisasi diterapkan di SMK Negeri 4 Malang, maka pada tahun 1999 terjadilah perubahan paradigma yang cukup fundamental dari Kurikulum SMK 1994 ke Kurikulum SMK (Grafika) Edisi 1999, setidaknya ada 12 perubahan yang akhirnya diyakini mendorong tumbuhnya Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) di segala jenjang pendidikan. Ke-12 perubahan tersebut adalah perubahan dari:

[1] pembelajaran berbasis waktu (time based) menjadi berbasis kompetensi (competence based);
[2] fungsi guru sebagai instruktor menjadi fasilitator;
[3] penilaian berdasarkan materi yang telah dijadwalkan menjadi penilaian objektif kepada setiap siswa sesuai kompetensi maksimal yang dipersyaratkan atau dicapai;
[4] intervensi guru menjadi otonomi guru;
[5] kegiatan belajar-mengajar bersistem klasikal menjadi individual;
[6] metode umum (seperti: ceramah dan penugasan) menjadi metode beragam (seperti ceramah, penugasan, diskusi, dinamika kelompok, penggalian potensi diri, studi kasus, dsb.);
[7] penilaian tertutup menjadi penilaian terbuka dan transparan;
[8] penilaian khusus di sekolah menjadi penilaian 360º berupa penilaian di sekolah, di rumah, di kelompok belajar, dan di industri/perusahaan;
[9] ketidak-pernahan siswa menggunakan haknya untuk memperbaiki nilainya sebelum pembagian rapor/kenaikan tingkat menjadi siswa dapat menggunakan hak remedial (perbaikan) dan/atau hak reinforcement (pengayaan) kepada setiap guru yang mengajarnya;
[10] ketidaktahuan kompetensi apa yang diterimanya/dipelajarinya/harus dikuasainya dari masing-masing guru mata diklat menjadi mengetahui kompetensi yang akan diterimanya/diterimanya/dikuasainya selama 1 semester;
[11] textbook oriented menjadi multi reference oriented; dan
[12] dari trimedia (seperti: buku, alat tulis, dan papan tulis) menjadi multimedia (seperti: buku, alat tulis, papan tulis, modul, majalah, surat kabar, radio, kaset, televisi, CD, VCD, DVD, internet, dan LCD data projector).

Manajemen SMK Negeri 4 Malang langsung menyikapi perubahan paradigma ini dengan melaksanakan Sinkronisasi Kurikulum jilid 2 tahun 2000 yang tidak lagi menghadirkan sejumlah industri atau perusahaan grafika seperti jilid 1 tahun 1996, tetapi menggunakan metode jemput bola berupa angket yang diajukan pada saat monitoring siswa Prakerin di beberapa industri dan perusahaan grafika di pulau Jawa dan Bali.
Berdasarkan pernyataan dan saran yang diterima melalui angket tersebut, sejumlah sinkronisasi atau penyesuaian Kurikulum SMK (Grafika) Edisi 1999 dinyatakan siap diimplementasikan mulai tahun pelajaran 2000/2001, diantaranya:

[1] peringkasan (a) program keahlian Persiapan Grafika menjadi 3 spesialisasi, yaitu Desain Grafis, Typesetting, dan Fotoreproduksi, dan (b) program keahlian Produksi Grafika menjadi 3 spesialisasi, yaitu: Teknik Cetak Sablon, Teknik Cetak Offset, dan Teknik Jilid & Kemas;
[2] pemilihan program keahlian langsung dilakukan bersamaan dengan Penerimaan Siswa Baru (PSB) 2000/2001;
[3] penetapan (a) semester 1 dan 2 sebagai program dasar-dasar program keahlian Persiapan Grafika atau Produksi Grafika, (b) Semester 3 sebagai program keahlian Persiapan Grafika atau Produksi Grafika, (c) semester 4 dan 5 sebagai masa Praktik Kerja Industri (Prakerin), dan (d) semester 6 sebagai program Spesialisasi; dan
[4] penetapan masa Prakerin dari 9 bulan menjadi 12 bulan (1 tahun) secara bertahap.
Implementasi kurikulum ini benar-benar membawa dampak positif bagi kinerja SMK Negeri 4 Malang, diantaranya pengurangan biaya bahan praktik, penghematan biaya operasional, pengembangan ruang kelas/bengkel kerja, pengembangan laboratorium beserta jaringan komputernya, dan peningkatan daya tampung siswa yang signifikan dengan rerata 20% pertahun.

Pada tahun 2000, SMK Negeri 4 Malang dinyatakan sebagai SMK 3 tahun yang pertama di Indonesia dalam menerapkan masa Prakerin 1 tahun di Indonesia. Pola prakerin ini kemudian diikuti oleh beberapa SMK unggulan lainnya di Indonesia. Masih pada tahun yang sama, Direktorat Dikmenjur mempercayakan program SMK-TI (Teknologi Informasi) kepada SMK Negeri 4 Malang. Inilah embrio program keahlian Multimedia yang lahir pada tahun 2002.

C. Kurikulum SMK (Grafika) Edisi 2004
Pada tahun 1999, SMK Negeri 4 Malang memiliki e-mail (alamat surat elektronik) resmi perdana sebagai sarana komunikasi langsung dengan Direktorat Dikmenjur. Pada waktu itu belum banyak sekolah atau perguruan tinggi yang memiliki e-mail. Inilah babakan penting yang di kemudian hari mengantarkan SMK Negeri 4 Malang lebih dikenal di Indonesia sebagai SMK Grafika sekaligus SMK Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Perkembangan di mulai sejak implementasi Jaringan Internet (Jarnet) tahun 2000, kemudian berturut-turut Jaringan Informasi Sekolah (JIS) Kota Malang tahun 2001, Penerimaan Siswa Baru (PSB) Online tahun 2002, Wide Area Network (WAN) Kota Malang tahun 2003, ICT Center Kota Malang tahun 2004, SMK Besar tahun 2005, Televisi Edukasi (TVE) Kota Malang tahun 2005, SMK Bertaraf Internasional tahun 2006, dan Client ICT Center Kota Malang tahun 2006. Dari serangkaian program di atas dapat disimpulkan bahwa perhatian dan kepercayaan Depdiknas Pusat cq Direktorat Pembinaan SMK kepada Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMK Negeri 4 Malang sangat tinggi dan berkesinambungan hingga hari ini.

Kurikulum baru biasanya diikuti pula oleh perubahan paradigma, hal ini berlaku juga ketika Kurikulum SMK (Grafika) Edisi 2004. Paradigma baru yang menyertai implementasi kurikulum ini adalah perubahan dari:

[1] supply oriented menjadi market oriented;
[2] siswa ketergantungan menjadi mandiri/otonom;
[3] siswa pasif belajar menjadi siswa aktif belajar;
[4] kelonggaran waktu menjadi disiplin waktu;
[5] toleran terhadap kegagalan menjadi kegagalan adalah hal fatal;
[6] kegiatan simulasi menjadi kegiatan nyata;
[7] tamat belajar menjadi lulus dan kompeten.

Pada proses penyusunan Kurikulum SMK Edisi 2004 untuk program keahlian Persiapan Grafika dan Multimedia di Puncak, Bogor pada tahun 2003 yang lalu, Direktorat Dikmenjur mengundang dan menyertakan 2 orang guru SMK Negeri 4 Malang dalam Tim Penyusun Draft Kurikulum SMK Edisi 2004 bidang Grafika dan TIK. Pada kesempatan itu guru-guru kami – berdasarkan SKKNI atau Standar Kompetensi Nasional (SKN) Grafika dan perkembangan teknologi grafika – mencoba untuk memproyeksikan program keahlian di bidang keahlian Grafika menjadi 3, yaitu program keahlian: Pracetak, Cetak dan Purnacetak sebagaimana lini Prepress, Press dan Postpress yang ada di perusahaan atau industri grafika, namun hal ini tidak mendapat persetujuan penyelia Tim Penyusun Kurikulum SMK Edisi 2004 karena berdasarkan peta sarana dan prasarana praktik di SMK-SMK Grafika – baik negeri maupun swasta – belum memungkinkan disetarakan dengan yang ada di perusahaan atau industri grafika saat itu.

Namun demikian kesertaan 2 guru di dalam tim tersebut cukup membantu SMK Negeri 4 Malang, setidaknya sosialisasi dan persiapan dalam menyongsong implementasi Kurikulum SMK Edisi 2004 dapat dilakukan lebih dini dibanding SMK-SMK Grafika atau SMK Multimedia lainnya. Penataan ke dalam dilakukan secara sistemik untuk mendukung implementasi Kurikulum SMK (Grafika) Edisi 2004 yang diberlakukan pada tahun pelajaran 2004/2005. Beberapa langkah strategis dilakukan oleh manajemen SMK Negeri 4 Malang, diantaranya:

[1] Sosialisasi internal Kurikulum SMK (Grafika & TIK) Edisi 2004;
[2] Pendistribusian dokumen kurikulum kepada para guru normatif, adaptif dan produktif;
[3] Penyusunan modul untuk di sekolah dan di industri;
[4] Penyusunan silabus;
[5] Pembuatan Skill-Passport (Paspor Kecakapan);
[6] Pembuatan form Kartu Hasil Studi (KHS); dan
[7] Pembuatan buku Raport model KBK.

Untuk memudahkan implementasi Kurikulum SMK Edisi 2004, maka langkah-langkah di atas kemudian diikuti dengan sejumlah pendekatan sistem yang melandasinya, diantaranya sistem:

[1] Academic atau manajemen pendidikan model semi perguruan tinggi;
[2] Life Skills (LS) atau Kecakapan Hidup;
[3] Broad Based Curriculum (BBC) atau Kurikulum Berbasis Luas; dan
[4] Competency Based Curriculum (CBC) atau Kurikulum Berbasis Kompetensi.

Sedangkan untuk memudahkan dan mengefektifkan proses transformasi ilmu pengetahuan dan keterampilan kepada peserta didik, maka SMK Negeri 4 Malang memilih pendekatan metode pendidikan dan pelatihan model Competence Based Training (CBT) atau Pelatihan Berbasis Kompetensi dan Product Based Training (PBT) atau Pelatihan Berbasis Produk. Untuk itu ditetapkanlah sejumlah strategi untuk mensukseskannya, yaitu melalui program:

[1] Learning by doing (Belajar sambil berkarya);
[2] Mastery learning (Belajar tuntas);
[3] Individualized learning (Belajar individual);
[4] Group learning (Belajar kelompok); dan
[5] Modular system (Sistem modul)

D. Rencana Manajemen Mutu SMK Besar Bertaraf Internasional
Kehadiran KTSP dan Silabusnya bersamaan dengan pengembangan SMK Negeri 4 Malang sebagai SMK Besar yang sekaligus Bertaraf Internasional. Untuk mengimplementasikan kedua program tersebut, maka manajemen SMK Negeri 4 Malang menyusun langkah-langkah rencana strategis bersama bagian Litbang & PSDM-nya yang telah dituangkan dalam Rencana Manajemen Mutu (RMM) 2007. Rencana Manajemen Mutu tersebut dibagi menjadi 4 sasaran mutu, yaitu:

1. Pengembangan Sumber Daya Manusia, meliputi:

[1.1] Meningkatkan promosi kompetensi siswa melalui Praktik Kerja Industri (Prakerin) Khusus di Lembaga Tinggi & Tertinggi Negara;
[1.2] Meningkatkan kecakapan komunikasi bahasa Inggris guru dan karyawan melalui Preparasi dan Tes TOEIC International dengan target rerata skor diatas 500;
[1.3] Mengukur kompetensi siswa dalam kecakapan komunikasi bahasa Inggris melalui Tes TOEIC International dengan target rerata skor di atas 500;
[1.4] Mengukur kompetensi siswa dalam Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI);
[1.5] Meningkatkan (upgrading) kecakapan dan memutakhirkan (updating) wawasan guru produktif melalui program On the Job Training di perusahaan dan industri grafika dan multimedia, baik di dalam maupun di luar negeri;
[1.6] Menambah wawasan dan pengetahuan siswa, guru dan karyawan tentang perkembangan mutakhir teknologi grafika dan multimedia melalui kunjungan ke Pameran/Expo Grafika dan Multimedia, baik di dalam maupun di luar negeri;
[1.7] Menyiapkan tim siswa berprestasi dan potensial untuk menjuarai Lomba Kompetensi Siswa tingkat Nasional 2007; dan
[1.8] Sertifikasi Kompetensi dan Assessor bagi guru produktif.

2. Pengembangan Sumber Daya Sarana & Prasarana, meliputi:

[2.1] Meningkatkan kwalitas proses belajar dan mengajar - yang menarik dan menyenangkan - berbasis multimedia melalui penyediaan perangkat LCD Data Projector dan Wallscreen permanen di bengkel-bengkel kerja bidang keahlian Grafika dan ruang-ruang kelas;
[2.2] Meningkatkan kesehatan, kesegaran dan kebugaran jasmani siswa, guru dan karyawan melalui penyediaan Gymnasium berikut peralatannya; dan
[2.3] Menambah sarana praktik grafika berupa mesin digital printing, imagesetter, platesetter, dan cetak offset ukuran medium.

3. Pengembangan Sumber Daya Infromasi & Komunikasi, meliputi:

[3.1] Mengembangkan fasilitas intranet dan internet di SMKN 4 Malang untuk mendukung program edukasi dan administrasi berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi;
[3.2] Meningkatkan kwalitas dan profesonalitas guru dengan penggunaan Notebook (Laptop) sebagai alat bantu belajar dan mengajar;
[3.3] Mengembangkan fasilitas intranet nirkabel (wireless) antara SMKN 4 Malang dengan 40 sekolah (client) untuk mendukung program e-Learning di Kota Malang; dan
[3.4] Melengkapi komputer dengan perangkat lunak standar yang berlisensi dan legal sebagai wujud kesadaran hak atas kekayaan intelektual.

4. Pengembangan Kemitraan Nasional & Internasional, meliputi:

[4.1] Menjalin dan membina kemitraan nasional dan internasional dalam hal Prakerin & Penyaluran Tamatan SMKN 4 Malang di dalam dan di luar negeri;
[4.2] Menjalin dan membangun kemitraan dalam hal Pengembangan Sarana dan Prasarana SMKN 4 Malang dengan Alumni.

Demikian apa yang telah, sedang dan akan kami kembangkan di SMK Negeri 4 Malang. Pada hari ini sedang berlangsung external auditing oleh lembaga sertifikasi internasional untuk Sertifikat ISO 9000:2001 di SMK Negeri 4 Malang. Inilah komitmen kami untuk memberikan layanan pendidikan yang prima dan berkwalitas sekaligus berkwantitas, tidak saja untuk peserta didik dan orang tua siswa dari Kota Malang, tetapi juga dari seluruh Indonesia dan juga dari negara lain.

:: Makalah ini disampaikan oleh Kepala SMKN 4 Malang di dalam Workshop Pusgrafin, 22 Mei 2007 ::

Selasa, Mei 08, 2007

Kiat Tujuh Belas

:: My Key of Success ::

iman adalah fondasiku
ilmu adalah senjataku
berjuang adalah tabiatku
keyakinan adalah hartaku
kejujuran adalah bekalku
sikap ramah adalah makananku
kebenaran adalah pamungkasku
ketenangan hati adalah tubuhku
sabar adalah perlindungan diriku
cita-cita adalah teman sejawatku
akal sehat adalah basis beragamaku
kesederhanaan adalah respek pribadiku
meninggalkan sifat santai adalah profesiku
keinginan luhur adalah puncak perjalananku
ketenangan batin adalah pengabdianku
pengetahuan adalah modalku
sholat* adalah hiburanku

[* do'a]

:: 10.10.1991 ::