Senin, Oktober 24, 2016

Jurnal-ku: Minggu: CDLXXX (10.2016)

Senin, 10 Oktober 2016 | 9 Muharram 1438
[Rusid Bagian KEP BPKLN C-7: 09.00-12.00] Membahas KDA Itjen dan melengkapi dokumen administrasi, substansi dan produk kegiatan yang diperlukan ole Tim Auditor Itjen untuk penyelesaian hasil audit.
[Desk Subbag Informasi: 13.00-17.00] Memfinalisasi Laporan Pengumpulan Data dan Informasi PUG dan Pemberdayaan Perempuan di UPT Kemendikbud Tahun 2016.

Selasa, 11 Oktober 2016 | 10 Muharram 1438
[Desk Subbag Informasi: 08.00-10.00] Menilai Prestasi Kerja Staf Subbag Informasi bulan September 2016.
[Desk Subbag Informasi: 14.00-16.00] Mempelajari tahapan Pengisian dan Penilaian Kinerja PNS dengan SKP Online via: skp.sdm.kemdikbud.go.id. 

Rabu, 12 Oktober 2016 | 11 Muharram 1438
[Desk Subbag Informasi: 08.00-09.00] Menyusun draft format Log Harian Staf Subbag Informasi.
[Desk Subbag Informasi: 10.00-11.30] Pembagian Tugas Staf Subbag Informasi Berdasarkan Unit Utama Kemendikbud.
[Desk Subbag Informasi: 13.00-16.30] Menyusun desain Pelatihan Knowledge Management Planning and Implementation Practice di Kota Batam.

Kamis, 13 Oktober 2016 | 12 Muharram 1438
[Park Lane 8 Room, Hotel Park Lane: 13.00-17.15] Mengikuti Rapat Koordinasi Pengembangan Indeks Pembangunan Pemuda/Youth Development Index (IPP/YDI) yang diselenggarakan oleh Bappenas.

Jum'at, 14 Oktober 2016 | 13 Muharram 1438
[Ruang Aster lantai 2, LPMP Jakarta: 15.30-18.00] Mengikuti sesi: 1) "Pembukaan" Workshop Tunas Integritas Angkatan XVIII dan XIX oleh Irjen Kemendikbud, dan sesi 2) "Internalisasi Nilai Kemendikbud" dan "Manajemen Risiko" oleh Kabag Hukep Itjen Kemendikbud.
[Ruang Aster lantai 2, LPMP Jakarta: 19.30-21.30] Mengikuti lanjutan: sesi 2) "Internalisasi Nilai Kemendikbud dan Manajemen Risiko" oleh Kasubbag Kepegawaian Itjen Kemendikbud.

Sabtu, 15 Oktober 2016 | 14 Muharram 1438
[Ruang Aster lantai 2, LPMP Jakarta: 08.00-10.00] Mengikuti sesi: 3) "Makna Integritas" oleh Tim Pencegahan KPK.
[Ruang Aster lantai 2, LPMP Jakarta: 10.15-12.15] Mengikuti sesi: 4) "Program Pengendalian Gratifikasi" oleh Tim Pencegahan KPK.
[Ruang Aster lantai 1, LPMP Jakarta: 13.15-15.15] Mengikuti sesi: 5) "Konflik Kepentingan" oleh Kabag Umum Itjen.
[Ruang Aster lantai 1, LPMP Jakarta: 15.30-17.30] Mengikuti sesi: 6) "Pengendalian Fraud (Kecurangan)" oleh Inspektur Investigasi Itjen.
[Ruang Aster lantai 2, LPMP Jakarta: 19.30-21.30] Mengikuti sesi: 7) "Kebijakan Pengawasan" dan 8) "Penutupan" Workshop Tunas Integritas Angkatan XVIII dan XIX oleh Ses Itjen Kemendikbud.

Minggu, Oktober 09, 2016

Jurnal-ku: Minggu: CDLXXIX (10.2016)

Senin, 3 Oktober 2016 | 2 Muharram 1438
[Halaman Kemendikbud: 07.30-08.00] Mengikuti upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila.
[Rusid Bagian KEP C-7: 08.30-12.00] Bersama pimpinan dan Tim TI Bagian KEP menyusun data Alokasi Pendidikan tahun 2010 s.d. 2015.
[Hotel Pitagiri Jakarta: 19.00-23.00] Memeriksa dokumen Laporan Keuangan dan Laporan Kegiatan Bagian KEP bulan Agustus s.d. September 2016.

Selasa, 4 Oktober 2016 | 3 Muharram 1438
[Rusid 702 BPKLN C-7: 07.30-09.00] Bersama pimpinan Coffee Morning membahas isu-isu penyerapan anggaran, kinerja dan program kerja 2017.
[Hotel Pitagiri Jakarta: 19.00-23.00] Melanjutkan pemeriksaan dokumen Laporan Keuangan dan Laporan Kegiatan Bagian KEP bulan Agustus s.d. September 2016.

Rabu, 5 Oktober 2016 | 4 Muharram 1438
[Bale Rancage 1-2, Padjadjaran Suites Resort & Conference Bogor: 19.45-20.15] Mengikuti pembukaan dan pengarahan Rapat Koordinasi Triwulan III Tahun Anggaran 2016 untuk unit-unit utama Kemendikbud dan satuan-satuan kerja Sekretariat Jenderal.
[Bale Rancage 1-2, Padjadjaran Suites Resort & Conference Bogor: 19.45-20.15] Memoderasi sesi "e-Monev" yang disajikan oleh Bappenas.

Kamis, 6 Oktober 2016 | 5 Muharram 1438
[Bale Rancage 1-2, Padjadjaran Suites Resort & Conference Bogor: 08.00-12.00] Mengikuti sesi "Pelaporan Triwulan III TA 2016 Satker Setjen melalui e-Monev" yang dipandu oleh Tim Bappenas.
[Bale Rancage 1-2, Padjadjaran Suites Resort & Conference Bogor: 13.30-17.00] Mengikuti sesi "Validasi Pelaporan Triwulan III TA 2016 Unit Utama Kemendikbud melalui e-Monev" yang dipandu oleh Tim Bappenas.

Jum'at, 7 Oktober 2016 | 6 Muharram 1438
[Bale Rancage 1-2, Padjadjaran Suites Resort & Conference Bogor: 08.00-09.30] Mengikuti sesi "Pengarahan Tindak Lanjut dan Penutupan Pelaporan Triwulan III TA 2016".

Minggu, Oktober 02, 2016

SIMTRADA


Sistem Pemantauan Pelaksanaan Kegiatan dan Anggaran Dana Transfer ke Daerah (DAK) bidang Pendidikan atau disingkat SIMTRADA adalah aplikasi berbasis web yang dikembangkan berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 99 Tahun 2013 tentang Tata Kelola TIK di Lingkungan Kemendikbud dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 241/PMK.07/2014 tentang Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Transfer ke Daerah dan Dana Desa, khususnya pasal 16, 21, 22, dan 24 tentang Pelaporan Realisasi Penyerapan DAK Fisik dan DAK Non Fisik bidang Pendidikan.

Informasi grafis dan numeris yang disajikan pada web SIMTRADA |simtrada.kemdikbud.go.id| adalah agregasi data realisasi pelaksanaan DAK yang dilaporkan oleh 34 pengelola DAK di dinas pendidikan provinsi dan 514 pengelola DAK di dinas pendidikan kabupaten/kota melalui aplikasi pelaporan realisasi: 1) BOP PAUD yang dikelola oleh Ditjen PAUD dan Dikmas; 2) BOS SD, SMP, SMA, dan SMK serta DAK SD yang dikelola oleh Ditjen Dikdasmen; dan 3) TPG dan Tamsil yang dikelola oleh Ditjen GTK. Selanjutnya melalui mekanisme integrasi layanan web, SIMTRADA menarik data dari pangkalan data aplikasi pelaporan realisasi DAK bidang Pendidikan di lingkungan Kemendikbud.

Pada saat ini SIMTRADA dalam kondisi siap integrasi data dan akan dipergunakan untuk memantau realisasi pelaksanaan DAK Fisik dan DAK Non Fisik bidang Pendidikan Triwulan IV Tahun 2016 sampai di tingkat kabupaten/kota. Kedepan SIMTRADA akan disesuaikan dengan DAK Fisik dan DAK Non Fisik Tahun 2017, difasilitasi modul integrasi data dengan aplikasi pelaporan realisasi DAK Fisik yang dikelola oleh Ditjen Perimbangan Keuangan (DJPK) Kemenkeu, dan fitur pengingat (reminder) pemutakhiran data secara otomatis untuk semua kepala dinas pendidikan provinsi dan kabupaten/kota melalui mekanisme email dan SMS.

SIMPROKA


Sistem Pemantauan dan Pengendalian Luaran Program dan Kegiatan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau disingkat SIMPROKA adalah aplikasi berbasis web yang dikembangkan untuk mendukung fungsi pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan, rencana, program, kegiatan, dan anggaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta kerja sama luar negeri oleh Sekretariat Jenderal Kemendikbud sebagaimana disebutkan pada pasal 10 ayat (g) Permendikbud Nomor 11 Tahun 2015 tentang Organisasi Tata Kelola Kemendikbud.

SIMPROKA dikembangkan untuk membantu Kemendikbud dalam memantau dan mengendalikan seluruh luaran program dan kegiatan dari 386 satuan kerja Kemendikbud di pusat, daerah dan luar negeri, berdasarkan Format B.19 Permendiknas No. 38 Tahun 2011 tentang Perubahan atas Permendiknas Nomor 18 Tahun 2011 tentang Koordinasi dan Pengendalian Program di Lingkungan Kemendiknas. Selain untuk memantau dan mengendalikan luaran program dan kegiatan kementerian, SIMPROKA juga digunakan untuk memantau dan mengendalikan luaran atau capaian: 

  1. Rencana Aksi Nasional (RAN), seperti RAN Janji Presiden dan Wakil Presiden; dan RAN Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM);
  2. Indikator Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), seperti Goal 1: Tanpa Kemiskinan; Goal 2: Tanpa Kelaparan; Goal 3: Kehidupan Sehat dan Sejahtera; Goal 4: Pendidikan Berkualitas; dan Goal 5: Kesetaraan Gender; dan
  3. Indikator Rencana Strategis Kemendikbud 2015-2019 secara real-time maupun berkala.

Informasi numeris dan grafis yang disajikan pada web SIMPROKA |simproka.kemdikbud.go.id| berasal dari olahan data capaian luaran program dan kegiatan yang dimutakhirkan oleh para operator satker pusat, daerah dan luar negeri secara daring melalui aplikasi Sistem Akuntansi Satker (SAS). Selain itu, SIMPROKA juga telah terintegrasi dengan SIMKEU Kemendikbud |molk.kemdikbud.go.id| melalui fasilitas single sign on (SSO). 

Pada saat ini SIMPROKA telah digunakan untuk memantau capaian luaran program dan kegiatan satker-satker Kemendikbud per-triwulan. Kedepan SIMPROKA akan dikembangkan melalui sinkronisasi pemantauan berdasarkan 1) Peraturan Menteri Keuangan No. 249 Tahun 2011 tentang Pengukuran dan Evaluasi Kinerja atas Pelaksanaan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian; dan 2) Peraturan Pemerintah No. 39 Tahun 2006 tentang Tata Cara Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan serta persandingan data SP2D yang bersumber dari SPAN Kemenkeu dengan data SPM yang bersumber dari SAS Satker Kemendikbud.

Jurnal-ku: Minggu: CDLXXVIII (09.2016)

Senin, 26 September 2016 | 25 Dzulhijjah 1437
[Rusid Biro Hukor C-10: 10.00-12.00] Membahas usulan Rencana Aksi Nasional (RAN) HAM Tahun 2017 bidang Pendidikan dan Kebudayaan.
[Desk Subbag Informasi: 14.00-17.00] Menghitung beban kerja untuk Sasaran Kerja Pegawai (SKP) staf Sub Bagian Informasi, Bagian Kebijakan dan Evaluasi Program BPKLN Tahun 2016.

Selasa, 27 September 2016 | 26 Dzulhijjah 1437
[Desk Subbag Informasi: 08.00-12.00] Menganalisis beban kerja untuk Sasaran Kerja Pegawai (SKP) staf Sub Bagian Informasi, Bagian Kebijakan dan Evaluasi Program BPKLN Tahun 2016.
[Rusid 207 BPKLN C-7: 15.30-18.00] Membahas 1) Laporan capaian target B.09 Aksi Janji Presiden/Wakil Presiden Tahun 2016 sesuai format F8K, 2) Lokus sebaran pelaksanaan kegiatan/penerimaan manfaat.

Rabu, 28 September 2016 | 27 Dzulhijjah 1437
[Rusid PEPP Bappenas: 08.30-09.30] Bersama Tim IT BPKLN dan Tim IT PEPP Bappenas merancang mekanisme integrasi data SIMPROKA Kemendikbud dengan e-Monev Bappenas.
[Rusid Puri Asri 1, Hotel Le Meridien Jakarta: 10.00-12.00] Mengikuti dan menyampaikan sambutan Kemendikbud pada acara Penandatanganan Nota Kesepahaman tentang Revolusi Data untuk Pembangunan (Data Revolution for Development) antara Research Triangle Institute (RTI) International dengan Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai dan Kabupaten Sragen.
[Desk Subbag Informasi: 13.00-18.00] Menilai dan menghitung realisasi Sasaran Kerja Pegawai (SKP) Sub Bagian Informasi.
[Meeting Room, Falatehan Hotel L-7: 19.30-21.00] Bersama Tim Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU) membahas Pengelolaan Website KNIU.

Kamis, 29 September 2016 | 28 Dzulhijjah 1437
[Rusid Seminar 1 Pustiknas Kemenkominfo L-4: 09.00-12.00] Bersama Biro Perencanaan Kemenkominfo, Pustekkom Kemendikbud, PDSPK Kemendikbud, BKLM Kemendikbud, dan BPKLN Kemendikbud membahas "Sasaran Nasional Dimensi Pembangunan Manusia di Sektor Pendidikan".
[Rusid 702 BPKLN C-7: 13.30-15.30] Bersama pimpinan berkoordinasi internal untuk merencanakan Program dan Kegiatan Tahun Anggaran 2017.
[Desk Subbag Informasi: 15.30-17.00] Menyelesaikan penilaian dan penghitungan realisasi Sasaran Kerja Pegawai (SKP) Sub Bagian Informasi.
[Rusid Milan 1 Hotel Agria Gino Feruci Bogor: 20.00-22.00] Bersama Tim Kemenkumham, Biro Hukor dan BPKLN memantau capaian B09 "Rencana Aksi Nasional (RAN) Hak Azasi Manusia (HAM) bidang Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2016". 

Jum'at, 30 September 2016 | 29 Dzulhijjah 1437
[Rusid Milan 1 Hotel Agria Gino Feruci Bogor: 08.00-11.00] Bersama Tim Kemenkumham, Biro Hukor dan BPKLN menajamkan "Rencana Aksi Nasional (RAN) Hak Azasi Manusia (HAM) bidang Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2017".

Jurnal-ku: Minggu: CDLXXVII (09.2016)

Senin, 19 September 2016 | 18 Dzulhijjah 1437
[Desk Subbag Informasi: 08.00-15.00] Menyusun data SMK Indonesia untuk basis data aplikasi Penyaluran Lulusan SMK.

Selasa, 20 September 2016 | 19 Dzulhijjah 1437
[Rusid BKLM C-4: 08.30-10.30] Bersama pimpinan membahas: 1) Konten Operation Room, 2) Inventarisasi Data Digital, dan 3) Desain Ruang dan Perlengkapan Operation Room Kemendikbud.
[Desk Subbag Informasi: 13.00-16.00] Mengonsep tampilan grafis baru untuk dashboard nasional, provinsi dan kabupaten/kota pada SIMPROKA.

Rabu, 21 September 2016 | 20 Dzulhijjah 1437
[Hotel Kartika Chandra: 09.00-16.30] Berpartisipasi dalam Lokakarya Studi Longitudinal Kehidupan Anak dan Keluarga.

Kamis, 22 September 2016 | 21 Dzulhijjah 1437
[Desk Subbag Informasi: 08.00-10.00] Mengonsep tampilan grafis baru untuk dashboard nasional, provinsi dan kabupaten/kota pada SIMPROKA.
[Desk Subbag Informasi: 13.00-17.00] Merinci uraian tugas untuk Sasaran Kerja Pegawai (SKP) staf Sub Bagian Informasi, Bagian Kebijakan dan Evaluasi Program BPKLN Tahun 2016.

Jum'at, 23 September 2016 | 22 Dzulhijjah 1437
[Desk Subbag Informasi: 08.00-11.00] Menyusun artikel tentang SIMPROKA dan SIMTRADA untuk topik Pengembangan Sistem Elektronik pada Buku Kilasan Kemendikbud Tahun 2016. 
[Taman Ismail Marzuki: 18.00-21.00] Malam Pemberian Anugerah Kebudayaan dan Penghargaan Maestro Seni Tradisi 2016.

Sabtu, September 17, 2016

Jurnal-ku: Minggu: CDLXXVI (09.2016)

Selasa, 13 September 2016 | 12 Dzulhijjah 1437
[Rusid Bagian KEP C-7: 09.00-12.00] Bersama Tim Pengembang memutakhirkan sistem SIMTRADA.
[Graha Insan Berprestasi A-1: 13.30-15.30] Bersama seluruh pejabat Kemendikbud mengikuti Sosialisasi Pengampunan Pajak (Tax Amnesty).
[Rusid Bagian KEP C-7: 16.00-18.00] Bersama Pimpinan, Tim Pengembang Aplikasi SIMTRADA, Pengelola Sistem Informasi BOP PAUD, Pengelola Sistem Informasi BOS (SD, SMP, SMA, SMK), dan Pengelola Sistem Informasi TPG membahas mekanisme integrasi/penarikan data dari sistem informasi BOP PAUD, BOS, TPG, dan DAK SD ke dalam SIMTRADA.
[R. 305 Hotel Pitagiri Jakarta: 21.00-24.00] Bersama Tim Pengembang memutakhirkan data SIMTRADA.

Rabu, 14 September 2016 | 13 Dzulhijjah 1437
[Rusid Setjen C-2: 08.30-09.00] Bersama Pimpinan dan Tim Pengembang memaparkan aplikasi Sistem Monitoring Realisasi Sasaran dan Anggaran Dana Transfer ke Daerah bidang Pendidikan (SIMTRADA) Kemendikbud.
[Rusid Bagian KEP C-7: 09.30-10.30] Bersama Tim Pengembang mengkompilasi dan mendiskusikan masukan/arahan Pimpinan terhadap SIMTRADA untuk segera di-tindak-lanjuti.
[Hotel Pitagiri Jakarta: 11.00-24.00] Memeriksa dan menyusun berkas Laporan Keuangan dan Laporan Kegiatan bagian KEP bulan Juli & Agustus 2016..

Kamis, 15 September 2016 | 14 Dzulhijjah 1437
[Hotel Pitagiri Jakarta: 11.00-22.00] Melanjutkan pemeriksaan dan penyusunan berkas Laporan Keuangan dan Laporan Kegiatan bagian KEP bulan Juli & Agustus 2016.

Jum'at, 16 September 2016 | 15 Dzulhijjah 1437
[Air Asia #QZ7510: 05.20-08.05] Penerbangan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng Jakarta (CGK) ke Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Denpasar (DPS)
[R. Meeting Bamboomedia Denpasar: 09.00-14.00] Bersama Tim Pengembang memperbaiki tampilan dan melengkapi fitur aplikasi SIMTRADA sesuai arahan pimpinan.

Sabtu, 17 September 2016 | 16 Dzulhijjah 1437
[Air Asia #XT7515: 18.25-19.05] Penerbangan dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Denpasar (DPS) ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng Jakarta (CGK).

Jurnal-ku: Minggu: CDLXXV (09.2016)

Senin, 5 September 2016 | 4 Dzulhijjah 1437
[Desk Subbag Informasi: 08.00-12.00] Menyusun laporan 1) Deseminasi Studi dan Rencana Pelembagaan Hukum dan Sistem CRVS, dan 2) Seri 2 Pembahasan DO (Definisi Operasional] Indikator SDGs Tujuan 4. 
[Rusid 1 PDSPK E-1: 13.30-15.00] Bersama pimpinan membahas persiapan Pelaksanaan Penelitian Longitudinal Kerentanan dan Ketahanan Anak dan Keluarga.

Selasa, 6 September 2016 | 5 Dzulhijjah 1437
[Citilink #QG116: 05.15-06.20] Penerbangan dari Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta (HLP) ke Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang (SRG).
[Kalstar Air #KD603: 08.10-09.10] Penerbangan dari Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang (SRG) ke Bandara Iskandar Pangkalan Bun (PKN).
[Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Kotawaringin Barat: 09.40-10.20] Melaporkan/menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan Verifikasi dan Validasi Lokasi Cagar Budaya di Kabupaten Kotawaringin Barat.
[Istana Pangeran Mangkubumi, Pangkalan Bun: 12.45-13.30] Memverifikasi dan memvalidasi titik lokasi cagar budaya Istana Adipati Pangeran Mangkubumi, Kab. Kotawaringin Tengah > http://databudaya.net/index.php/databudaya/databudayaatribut/cabud/id/1336


Rabu, 7 September 2016 | 6 Dzulhijjah 1437
[Masjid Kyai Gede, Kotawaringin Lama: 11.00-11.55] Memverifikasi dan memvalidasi titik lokasi cagar budaya Masjid Kyai Gede di Kotawaringin Lama > https://id.wikipedia.org/wiki/Masjid_Kiai_Gede
[Istana Astana Al-Nursari, Kotawaringin Lama: 12.00-12.55] Memverifikasi dan memvalidasi titik lokasi cagar budaya Istana Astana Al-Nursari di Kotawaringin Lama > http://databudaya.net/index.php/databudaya/databudayaatribut/cabud/id/1335

Kamis, 8 September 2016 | 7 Dzulhijjah 1437
[Kalstar Air #KD721: 09.35-10.50] Penerbangan dari Bandara Iskandar Pangkalan Bun (PKN) ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng Jakarta (CGK).
[R. Pakuan, Hotel Royal Padjadjaran Bogor: 13.30-16.45] Bersama Kelompok I mempratinjau dan mengoreksi redaksi dan substansi draft Panduan Perencanaan Pendidikan Berbasis Data Tingkat Desa.
[R. Pakuan, Hotel Royal Padjadjaran Bogor: 19.30-21.00] Bersama Kelompok I menyajikan hasil pratinjau dan koreksi redaksi dan substansi draft Panduan Perencanaan Pendidikan Berbasis Data Tingkat Desa.

Jum'at, 9 September 2016 | 8 Dzulhijjah 1437
[R. Pakuan, Hotel Royal Padjadjaran Bogor: 08.00-11.30] Bersama kelompok 1 merevisi Bagian 1 draft Perencanaan Pendidikan Berbasis Data Tingkat Desa.
[R. Pakuan, Hotel Royal Padjadjaran Bogor: 13.30-15.30] Melaporkan hasil revisi Bagian 1 serta mencermati laporan hasil revisi Bagian 2 dan Bagian 3 dari kelompok lain.
[R. Pakuan, Hotel Royal Padjadjaran Bogor: 15.45-17.15] Mensimulasikan proses Perencanaan Pendidikan Berbasis Data Tingkat Desa.

Sabtu, 10 September 2016 | 9 Dzulhijjah 1437
[Rusid Bag. KEP: 11.00-18.00] Bersama Tim Keuangan memproyeksi penyerapan anggaran Bagian KEP TA 2016 dan merencanakan kegiatan Bagian KEP bulan September-Oktober-November 2016.

Jurnal-ku: Minggu: CDLXXIV (09.2016)

Senin, 29 Agustus 2016 | 26 Dzulqa'dah 1437
[Rose Hall, Amaroossa Grande Hotel Bekasi: 19.30-20.00] Mengikuti sesi pembukaan dan pengarahan pimpinan pada Rapat Koordinasi Pelaksanaan Program, Kegiatan dan Anggaran Kemendikbud Triwulan II Tahun 2016. 
[Rose Hall, Amaroossa Grande Hotel Bekasi: 20.00-22.00] Mengikuti sesi Hasil Pemantauan dan Evaluasi Program dan Kegiatan Kemendikbud Triwulan II Tahun Anggaran 2016 berdasarkan e-Monev Bappenas oleh Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan, Bappenas. 

Selasa, 30 Agustus 2016 | 27 Dzulqa'dah 1437
[R. Kerinci, Ibis Jakarta Slipi: 09.00-15.00] Mengikuti Focus Group Discussion (FGD) membahas Sistem Aplikasi dan Proses Verifikasi Data Titik Cagar Budaya.
[Rose Hall, Amaroossa Grande Hotel Bekasi: 20.00-22.00] Mengarahkan dan menutup Rapat Koordinasi Pelaksanaan Program, Kegiatan dan Anggaran Kemendikbud Triwulan II Tahun 2016. 

Rabu, 31 Agustus 2016 | 28 Dzulqa'dah 1437
[Desk Subbag Informasi: 10.00-12.00] Bersama Tim Keuangan menyusun daftar self-blocking untuk Pemotongan Anggaran Jilid II RKA-K/L Bagian KEP.

Kamis, 1 September 2016 | 29 Dzulqa'dah 1437
[Rusid Bagian KEP C-7: 15.00-18.00] Bersama pimpinan: 1) Membahas laporan Capaian Kinerja RKA-K/L berdasarkan Aplikasi SMART dan B.19; 2) Memantau perkembangan capaian target fisik/output prioritas, dan 3) Mencatat kendala/permasalahan beserta tindak lanjutnya dengan para Sekretaris Unit Utama (Eselon 1) Kemendikbud.

Jum'at, 2 September 2016 | 30 Dzulqa'dah 1437
[Rusid Bagian KEP C-7: 15.00-18.00] Bersama pimpinan: 1) Membahas laporan Capaian Kinerja RKA-K/L berdasarkan Aplikasi SMART dan B.19; 2) Memantau perkembangan capaian target fisik/output prioritas, dan 3) Mencatat kendala/permasalahan beserta tindak lanjutnya dengan para Kepala Satker (Eselon 2) di Lingkungan Setjen Kemendikbud.

Rabu, Agustus 31, 2016

Jurnal-ku: Minggu: CDLXXIII (08.2016)

Ahad, 21 Agustus 2016 | 18 Dzulqa'dah 1437
[Oregano Ballroom, Clove Garden Hotel Bandung: 19.30-22.00] Mengikuti sesi: 1) Pembukaan Rakor Pemantauan Terpadu Pelaksanaan DAK Bidang Pendidikan s.d. Triwulan II Tahun Anggaran 2016 dan pengarahan tentang Kebijakan Program dan Anggaran oleh Kepala Biro PKLN dan 2) Pengelolaan DAK Bidang Pendidikan dalam APDB oleh Direktorat Fasilitasi Dana Perimbangan dan Pinjaman Daerah, Kemendagri.

Senin, 22 Agustus 2016 | 19 Dzulqa'dah 1437
[Oregano Ballroom, Clove Garden Hotel Bandung: 08.30-10.00] Memoderasi sesi: 3) Pemantauan Terpadu Pelaksanaan DAK Bidang Pendidikan Triwulan II Tahun Anggaran 2016 oleh Kasubbag Evaluasi Program Biro PKLN, Kemendikbud.
[Oregano Ballroom, Clove Garden Hotel Bandung: 10.15-12.00Memoderasi sesi: 4) Perkembangan DAK BOP PAUD dan Strategi Percepatannya oleh Setditjen PAUD dan Dikmas, Kemendikbud.
[Oregano Ballroom, Clove Garden Hotel Bandung: 13.30-15.00Mengikuti sesi: 5) Evaluasi DAK 2015 dan Perkembangan DAK 2016 oleh Setditjen Dikdasmen. Kemendikbud.
[Oregano Ballroom, Clove Garden Hotel Bandung: 15.30-17.30Mengikuti sesi: 6) Evaluasi Semester I DAK Non Fisik TPG oleh Setditjen GTK. Kemendikbud.
[Taman, Clove Garden Hotel Bandung: 19.30-21.30Mengikuti sesi: 7) Laporan Hasil Rakor Pemantauan Terpadu Pelaksanaan DAK Bidang Pendidikan s.d. Triwulan II Tahun Anggaran 2016 dan 8) Penutupan oleh Kabag Kebijakan dan Evaluasi Program, Biro PKLN Kemendikbud.

Selasa, 23 Agustus 2016 | 20 Dzulqa'dah 1437
[Amaroossa Grande Hotel, Bekasi: 15.00-16.00] Melaksanakan survei fasilitas kamar tidur untuk narasumber, peserta dan panitia serta ruang rapat dan ruang makan untuk kegiatan Rapat Koordinasi Pelaksanaan Program, Kegiatan dan Anggaran Kemendikbud Triwulan II Tahun 2016 pada tanggal 29-31 Agustus 2016.

Rabu, 24 Agustus 2016 | 21 Dzulqa'dah 1437
[Garuda Indonesia #GA502: 08.30-10.05] Penerbangan dari Terminal 3 Ultimate - Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng Jakarta (CGK) ke Bandara Internasional Supadio Pontianak (PNK).
[Garuda Indonesia #GA7534: 12.15-13.05] Penerbangan dari Bandara Internasional Supadio Pontianak (PNK) ke Bandara Susilo Sintang (SQG). 
[Dinas Pendidikan Kab. Sintang: 15.00-16.00] Mengumpulkan data dan informasi pelaksanaan BOP PAUD 2016 dari Manajemen BOP PAUD Kabupaten Sintang. 

Kamis, 25 Agustus 2016 | 22 Dzulqa'dah 1437
[TK Kasih Ibu, Sintang: 09.30-10.50] Mengumpulkan data dan informasi pemanfaatan dana BOP PAUD dari Pengelola, Guru/Tenaga Pendidik dan Orangtua Siswa TK Kasih Ibu, Desa Manter, Kabupaten Sintang.
[KB Suluh Harapan, Sintang: 12.00-13.10] Mengumpulkan data dan informasi pemanfaatan dana BOP PAUD dari Pengelola, Guru/Tenaga Pendidik dan Orangtua Siswa KB Suluh Harapan, Desa Kapuas Kanan Hulu, Kabupaten Sintang.  
[Bank Kalbar Cabang Sintang: 13.30-14.50] Menjelaskan dan menyerahkan instrumen monev dana BOP PAUD kepada Bank Kalbar Cabang Sintang (Bank Penyalur).

Jum'at, 26 Agustus 2016 | 23 Dzulqa'dah 1437
[TPA Al-Irsyad, Sintang: 09.10-10.20] Mengumpulkan data dan informasi pemanfaatan dana BOP PAUD dari Pengelola, Guru/Tenaga Pendidik dan Orangtua Siswa SPS Al-Irsyad, Desa Kebong, Kec. Kelam Permai, Kabupaten Sintang.  
[Bank Kalbar Cabang Sintang: 14.20-15.00] Mengumpulkan data dan informasi penyaluran dana BOP PAUD dari Bank Kalbar Cabang Sintang.

Sabtu, 27 Agustus 2016 | 24 Dzulqa'dah 1437
[Garuda Indonesia #GA7535: 13.35-14.20] Penerbangan dari Bandara Susilo Sintang (SQG) ke Bandara Internasional Supadio Pontianak (PNK).
[Garuda Indonesia #GA507: 15.20-16.50] Penerbangan dari Bandara Internasional Supadio Pontianak (PNK) ke Terminal 3 Ultimate - Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng Jakarta (CGK). 

Jurnal-ku: Minggu: CDLXXII (08.2016)

Ahad, 14 Agustus 2016 | 11 Dzulqa'dah 1437
[Garuda Indonesia #GA422: 13.10-16.10] Penerbangan dari Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng Jakarta (CGK) ke Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Denpasar (DPS).

Senin, 15 Agustus 2016 | 12 Dzulqa'dah 1437
[Graha Sarwa Guna II, LPMP Bali: 09.00-10.30 WITa] Menjelaskan tentang aplikasi Sistem Monitoring Capaian Output Program dan Kegiatan (SIMPROKA) Kemendikbud kepada para operator perencanaan Satker Kemendikbud se-Provinsi Bali. 
[Graha Sarwa Guna II, LPMP Bali: 10.30-14.30 WITa] Memantau dan me-review capaian output Program dan Kegiatan UPT/Satker Kemendikbud se-Provinsi Bali

Selasa, 16 Agustus 2016 | 13 Dzulqa'dah 1437
[Garuda Indonesia #GA407: 13.10-16.10] Penerbangan dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Denpasar (DPS) ke Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng Jakarta (CGK).

Rabu, 17 Agustus 2016 | 14 Dzulqa'dah 1437
[Halaman Kemendikbud: 07.00-08.30] Mengikuti Upacara Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT-RI) ke-71 bersama pejabat dan pegawai Kemendikbud.
[Rusid Bagian KEP: 09.00-16.00] Bersama pimpinan beserta tim memilah dan memilih anggaran publikasi di dalam RKA-KL Kemendikbud TA 2016.

Kamis, 18 Agustus 2016 | 15 Dzulqa'dah 1437
[Rusid 702: 09.00-12.00] Bersama pimpinan sestama terkait 1) mengklarifikasi dan memverifikasi Usulan Rencana Aksi HAM Tahun 2017 dan 2) menyepakati Rencana Aksi HAM Bidang Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2017.
[Rusid 702: 15.00-18.00] Bersama pimpinan sestama terkait 1) menjelaskan mekanisme Rakor Pemantauan Terpadu Pelaksanaan DAK Bidang Pendidikan s.d. Triwulan II Tahun Anggaran 2016 dan 2) membahas pelaksanaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Pendidikan Tahun Anggaran 2016.

Jum'at, 19 Agustus 2016 | 16 Dzulqa'dah 1437
[Rusid Bagian KEP: 09.00-12.00] Bersama pimpinan dan tim petugas membahas rencana pelaksanaan Monev Pelaksanaan Program BOP PAUD di Daerah Perbatasan (3T) .
[Rusid Bagian KEP: 15.00-18.00] Bersama pimpinan dan staf membahas rencana pelaksanaan Rakor Pemantauan Terpadu Pelaksanaan DAK Bidang Pendidikan s.d. Triwulan II Tahun Anggaran 2016 di Clove Garden Hotel Bandung pada tanggal 21-23 Agustus 2016.

Jurnal-ku: Minggu: CDLXXI (08.2016)

Ahad, 7 Agustus 2016 | 4 Dzulqa'dah 1437
[R. Opera House, Hotel Amos Cozy Jakarta: 16.00-18.00] Memaparkan model-model pemantauan dan evaluasi yang dilaksanakan oleh Biro PKLN serta sistem informasi pendukungnya kepada Tim Pusat Analisis dan Sinkronisasi Kebijakan Kemendikbud.

Senin, 8 Agustus 2016 | 5 Dzulqa'dah 1437
[Rusid Bagian KEP: 10.00-11.00] Membahas rencana kegiatan fullboard  Sosialisasi Pemantauan Penyaluran dan Pemanfaatan Dana Transfer ke Daerah bidang Pendidikan Tahun 2016.
[Desk Subbag Informasi: 14.00-17.00] Menyusun: 1) Rencana Kebutuhan Pendidikan S1 Periode 2017-2023; 2) Rencana Kebutuhan Pendidikan S2 Periode 2017-2023; dan 3) Rencana Kebutuhan Pelatihan Periode 2017-2023 Sub Bagian Informasi, Bagian KEP, Biro PKLN Kemendikbud.

Selasa, 9 Agustus 2016 | 6 Dzulqa'dah 1437
[Desk Subbag Informasi: 09.00-12.00] Bersama Tim Perencana dan Keuangan Bagian KEP menyusun draft RKA-KL Bagian KEP Tahun 2017.
[Bvlgari Function Room, Hotel Golden Boutique Jakarta: 19.30-21.30] Mengikuti sesi pembukaan dan pengarahan kegiatan Manajemen Handling Aplikasi dan Teknologi Terbaru Sistem Informasi dan Jaringan.

Rabu, 10 Agustus 2016 | 7 Dzulqa'dah 1437
[Bvlgari Function Room, Hotel Golden Boutique Jakarta: 08.00-09.30] Mengikuti sesi pemaparan dan tanya-jawab tentang: 1) Layanan Data Center Kemendikbud.
[Bvlgari Function Room, Hotel Golden Boutique Jakarta: 10.00-12.00] Mengikuti sesi pemaparan dan tanya-jawab tentang: 2) Standar Platform Aplikasi dan Basis Data di Lingkungan Kementerian Keuangan.
[Bvlgari Function Room, Hotel Golden Boutique Jakarta: 13.30-15.00] Mengikuti sesi pemaparan dan tanya-jawab tentang: 3) Keamanan Aplikasi.
[Bvlgari Function Room, Hotel Golden Boutique Jakarta: 15.30-18.00] Berpartisipasi dalam penyusunan draft POS Tata Kelola Aplikasi Kemendikbud.

Kamis, 11 Agustus 2016 | 8 Dzulqa'dah 1437
[Meeting Room L-7, Belezza Suite Hotel: 08.30-11.00] Mengikuti sesi pemaparan dan tanya-jawab tentang: Penyusunan Sasaran Kerja Pegawai (SKP).
[Rusid Bagian KEP: 14.00-18.00] Bersama tim menyusunan Panduan Pemantauan Pengelolaan BOP PAUD di Daerah Perbatasan.

Jum'at, 12 Agustus 2016 | 9 Dzulqa'dah 1437
[Ruang Proklamasi, Pusdiklat Bappenas: 09.00-11.00] Bersama pimpinan mengikuti Seri 2 Pembahasan Definisi Operasional Indikator SDGs Tujuan 4 Pendidikan Berkualitas.

Sabtu, 13 Agustus 2016 | 10 Dzulqa'dah 1437
[Desk Subbag Informasi: 14.00-21.00] Memindai 9 (sembilan) dokumen pengadaan barang dan jasa Bagian KEP Tahun Anggaran 2016.

Jumat, Agustus 12, 2016

Jurnal-ku: Minggu: CDLXX (08.2016)

Senin, 1 Agustus 2016 | 27 Syawal 1437
[Desk Subbag Informasi: 08.30-10.30] Merevisi isian kuesioner Gender Stocktaking dalam Rangka Evaluasi Strategi Nasional Percepatan PUG dan PPRG.
[Rusid Bagian KEP C-7: 15.00-18.00] Bersama pimpinan dan staf mengikuti pembekalan pelaksanaan Pemantapan Program dan Kegiatan Kemendikbud Tahap I dan Aplikasi SIMPROKA.

Selasa, 2 Agustus 2016 | 28 Syawal 1437
[Desk Subbag Informasi: 09.00-11.00] Bersama Tim Pengelola Keuangan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan mengkoordinasikan kegiatan Pemantauan Pelaksanaan Program, Kegiatan dan Anggaran TA 2016 dengan Satker/UPT Kemendikbud di Provinsi Sumatera Selatan.
[Rusid Setjen C-2: 15.00-18.00] Bersama pimpinan membahas capaian dan rencana peningkatan mutu Sekolah Vokasi di Indonesia.

Rabu, 3 Agustus 2016 | 29 Syawal 1437
[Desk Subbag Informasi: 14.00-17.00] Bersama pimpinan menyusun bahan paparan Rincian Kertas Kerja Satker TA 2017 Bagian KEP.
[R. Puntadewa, The 101 Jakarta Sedayu Darmawangsa Hotel: 19.30-22.00] Bersama pimpinan me-review rencana kerja Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri (Biro PKLN) Tahun Anggaran 2017 per-bagian.

Kamis, 4 Agustus 2016 | 1 Dzulqa'dah 1437
[Rusid Bagian KEP C-7: 10.00-12.00] Bersama pimpinan merevisi Rencana Kerja Bagian KEP Tahun Anggaran 2017 sesuai hasil review.
[Desk Subbag Informasi: 15.00-17.00] Merevisi bahan paparan Rencana Kerja Bagian KEP Tahun Anggaran 2017 sesuai hasil revisi.
[Garuda Indonesia #GA120: 19.55-21.05] Penerbangan dari Bandara Internasional Soekarno Hatta Cengkareng Jakarta (CGK) ke Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang (PLM).

Jum'at, 5 Agustus 2016 | 2 Dzulqa'dah 1437
[Rusid Kepala Dinas Pendidikan Prov. Sumatera Selatan: 09.00-15.00] Memantau dan me-review capaian output program dan kegiatan semester I TA 2016 satker: 1) Dinas Pendidikan Prov. Sumatera Selatan (Setjen, PAUD & Dikmas, Dikdasmen, dan GTK); 2) LPMP Prov. Sumatera Selatan; 3) Balai Bahasa Palembang; dan 4) Balai Arkeologi Prov. Sumatera Selatan.

Sabtu, 6 Agustus 2016 | 3 Dzulqa'dah 1437
[Garuda Indonesia #GA111: 13.20-14.30] Penerbangan dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang (PLM) ke Bandara Internasional Soekarno Hatta Cengkareng Jakarta (CGK).