Senin, Agustus 27, 2007

Jurnal Konsultan: Minggu XIV [08.2007]


Senin, 27 Agustus 2007

[Gedung A Lantai 2, R. Graha: 10.00-12.00
] Memaparkan makalah "Corporate Social Responsibility (CSR) on Education" di acara The First Monthly International Scientific Discussion: How to Network for More Effective Achievement yang dihadiri oleh representasi: Bappenas, Depag, Depdiknas, SEAMEO (Cambodia, Malaysia, Myanmar, Philippines, & Timor Leste), dan UNESCO.
[R. 702: 14.00-16.30] Mengikuti koordinasi pelaksanaan Inpres No. 6/2003 tentang Percepatan Pemulihan Pembangunan Provinsi Maluku dan Provinsi Maluku Utara Pasca Konflik dan Inpres No. 5/2007 tentang Percepatan Pembangunan Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat bersama representasi bagian perencanaan unit-unit utama Depdiknas.

Selasa, 28 Agustus 2007
[Direktorat Jenderal PMPTK, R. Staf: 08.30-10.00] Meeting pemutakhiran program Pelatihan Jardiknas 2007 dan penjajakan kerjasama pengembangan komunitas Guru dan Tenaga Kependidikan yang telah, sedang dan akan mengikuti Pelatihan Jardiknas 2007.
[R. ViCon: 10.00-12.00] Mengikuti pembukaan Kuliah Umum Mahasiswa D3 Teknisi Jardiknas melalui Televideo Conference dengan 17 perguruan tinggi Provider PJJ.
[R. Konsultan TIK: 14.00-18.00] Men-download video pembelajaran Paket C - Bahasa Inggris dari situs Sekolah Maya dan meng-upload-nya ke Media Jardiknas.

Rabu, 29 Agustus 2007
[R. 601: 10.00-11.30] Mengikuti rapat persiapan kunjungan Tim Depdiknas yang akan meng-captured model pendidikan, kurikulum dan infrastruktur industri Game Technology di ke Seoul (Korea) dan Taipei (Taiwan). Rapat dihadiri representasi ITB Bandung, ITS Surabaya, P4TK Kesenian Yogyakarta, dan Biro PKLN.
[R. Konsultan TIK: 13.00-17.00] Mengikuti rapat penyusunan program dan anggaran D3 Teknisi Jardiknas (Teknik Komputer & Jaringan) serta pembagian tugas Wali Provinsi untuk Provider D3 Teknisi Jardiknas.
[
R. Konsultan TIK: 18.00-21.00
] Membuat dan meng-upload contoh format Laporan (Rekapitulasi) Portofolio Partisipan Pelatihan Jardiknas 2007 versi Provider & ICT Center ke milis 'konsultan-ict', 'provider-pjj' dan 'guru-tendik'.

Kamis, 30 Agustus 2007
[R. 701: 10.00-12.00] Mengikuti rapat koordinasi Wali Provinsi untuk 70 Provider D3 Teknisi Jardiknas bersama Pak Shasha dan tim. Aku mendapat tugas tambahan sebagai Wali Provinsi NTB, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tengah. Sebagai Wali 4 Provinsi tersebut aku akan menjadi mediator 7 provider D3 Teknisi Jardiknas:
- Amikom Mataram, NTB
- STMIK Bumigora, NTB
- Universitas Mataram, NTB
- Universitas Al-Assariah Mandar, SulBar
- Politeknik Negeri Ujung Pandang, SulSel
- Universitas Hasanuddin, SulSel
- Universitas Tadulako, SulTeng
[R. Konsultan TIK: 13.00-17.00] Memeriksa dan meng-aktifkan beberapa e-mail + account partisipan Pelatihan Jardiknas yang masuk ke web: pelatihan.diknas.go.id/unggah, tercatat 1.842 partisipan telah mendaftarkan diri dan siap meng-upload portofolio-nya di web ini.
[R. Konsultan TIK: 18.00-21.00] Menyiapkan 10 contoh portofolio Pelatihan Jardiknas dan meng-upload-nya ke 'files' milis 'guru-tendik@yahoogroups.com' sebagai referensi bagi Kepala Sekolah, Guru, Tata Usaha, Pustakawan, dan Pengawas yang akan mengerjakan tugas mandirinya masing-masing di tempat kerja (sekolah) selama 3 pekan pasca Pelatihan Jardiknas.

Jum'at, 31 Agustus 2007
[R. 702: 10.00-11.30] Mengikuti rapat koordinasi penyelenggaraan program Java Education Network Indonesia (JENI) bersama pimpinan P4TK/VEDC Malang, Koordinator Program JENI dan Staf Biro PKLN Depdiknas. Rapat juga membahas kesiapan JENI Center, Regional Academy dan Local Academy.
[Kwarnas Gerakan Pramuka, R. Data: 14.00-15.30] Mengikuti rapat rintisan kerjasama pengembangan SDM dan Koneksi Internet antara Kwarnas Gerakan Pramuka dan Jardiknas. Sejumlah skema program Koneksi Jardiknas dan Pelatihan TIK bagi Pembina Pramuka akan diimplementasikan dalam waktu dekat bersama Provider dan ICT Center yang siap bermitra.
[R. Konsultan TIK: 17.00-18.30] Memutakhirkan check-list Proposal Pelatihan Jardiknas yang diterima dari 22 Provider + 118 ICT Center.

Press Release: Pelatihan Jardiknas 2007


[Program Sinergi Ditjen PMPTK dan Biro PKLN Depdiknas]

Pembangunan pendidikan nasional yang dilaksanakan selama ini telah mencapai berbagai keberhasilan, namun demikian diakui bahwa masih ada sejumlah permasalahan dan tantangan yang cukup kompleks. Permasalahan pendidikan nasional dimaksud adalah: (1) masih rendahnya pemerataan dan akses pendidikan, (2) masih rendahnya mutu, relevansi dan daya saing pendidikan, dan (3) masih lemahnya tata kelola, akuntabilitas, dan citra publik pengelolaan pendidikan.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Departemen Pendidikan Nasional telah merumuskan Tiga Pilar Kebijakan Umum Pembangunan Pendidikan Nasional yaitu: (1) peningkatan pemerataan dan perluasan akses pendidikan, (2) peningkatan mutu, relevansi, dan daya saing pendidikan; serta (3) penguatan tata kelola, akuntabilitas, dan citra publik pengelolaan pendidikan. Ketiga pilar tersebut mendasari tercapainya visi pendidikan nasional yaitu Membangun Insan Indonesia Cerdas dan Kompetitif.

Disisi lain, Depdiknas memandang penting untuk segera mewujudkan komitmennya dalam (1) menyediakan SDM yang menangani TIK di masing-masing zona (Zona Kantor Dinas Pendidikan, Zona Perguruan Tinggi, dan Zona Sekolah) baik dari segi manajemen maupun teknis, agar perangkat dan sistem yang telah dipasang dan dikembangkan dapat beroperasional serta terkelola dengan baik, dan (2) menerapkan pola pembelajaran/pelatihan jarak jauh (PJJ) dengan memanfaatkan Jardiknas yang terkoneksi di kampus/lokasi kerja dalam rangka meningkatkan kompetensi dan pengetahuan SDM sebagaimana yang telah direkomendasikan oleh Komisi X DPR-RI.

Untuk itulah Ditjen PMPTK dan Biro PKLN Depdiknas bersinergi dalam mengambil langkah stratejik untuk mengenalkan Jejaring Pendidikan Nasional (Jardiknas) melalui program Pelatihan Jarak Jauh (PJJ) berbasis TIK yang diharapkan akan menjadi solusi atas permasalahan dan jawaban atas tantangan pendidikan nasional yang ada.

Pelatihan Jardiknas ini diselenggarakan di 50 Perguruan Tinggi (Provider PJJ) dan 365 ICT Center Kabupaten / Kota (SMK/SMA) di 30 Provinsi dengan melibatkan 54 Trainer Jardiknas (Konsultan / Pendamping ICT Depdiknas), 830 Trainer KKPI, dan 234 Assessor KKPI (Keterampilan Komputer & Pengelolaan Informasi).

Total Partisipan yang mengikuti Pelatihan Jardiknas adalah 47.028 tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang berasal dari 11.757 sekolah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK) dan 1.095 pengawas dari 365 kantor Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Setiap sekolah mengirimkan 4 partisipan yang terdiri atas: Kepala Sekolah, Guru, Staf Tata Usaha, dan Pustakawan. Sedangkan setiap Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota mengirimkan 3 partisipan yang terdiri atas: Pengawas SMP, Pengawas SMA, dan Pengawas SMK.

Program ini efektif dimulai hari Senin 23 Juli 2007 di beberapa Provider, berpola sandwich 1:3 (1 minggu di tempat pelatihan + 3 minggu di unit kerja masing-masing untuk menyelesaikan tugas Portofolio), program ini diawali oleh kelompok Kepala Sekolah (MKKS), kemudian akan diikuti oleh kelompok Staf Tata Usaha, Pustakawan, dan Guru (MGMP).

Pelatihan Jardiknas ini adalah konsep Pelatihan Jarak Jauh (PJJ) yang dikelola oleh Tim (Kecil) Pelatihan Jardiknas di Depdiknas yang dalam operasionalnya mengandalkan efektifitas dan fleksibilitas: 3 situs web, 3 mailing-list, 1 e-mail, dan 1 mobile call center.

Tiga situs web yang dimanfaatkan dalam Pelatihan Jardiknas ini adalah: (1) http://pelatihan.diknas.go.id: pusat informasi, materi, software, dan produk Pelatihan Jardiknas, (2) http://kkpi.diknas.go.id: pusat modul, presentasi dan ujian online KKPI, dan (3) http://media.diknas.go.id: pusat dokumentasi penyelenggaraan dan produk partisipan Pelatihan Jardiknas dalam format video, audio, foto, dan dokumen.

Sedangkan 3 mailing list yang dioptimalkan dalam Pelatihan Jardiknas ini adalah: (1) konsultan-ict@yahoogroups.com: media informasi, komunikasi dan koordinasi Tim Pelatihan Jardiknas pusat dengan Konsultan/Pendamping ICT (Trainer Jardiknas) di 33 Provinsi, (2) provider-pjj@yahoogroups.com: media informasi, komunikasi dan koordinasi Tim Pelatihan Jardiknas pusat dengan Provider, dan (3) jardiknas@yahoogroups.com: media informasi, komunikasi dan edukasi antar Teknisi, Trainer dan Partisipan Pelatihan Jardiknas.

Untuk melayani setiap pasokan data Partisipan dari Provider maupun ICT Center, Tim Pelatihan Jardiknas pusat menyediakan e-mail khusus melalui: pelatihan@jardiknas.org dan nomor HP +62-817535404 sebagai Mobile Call Center.

Program ini diperkirakan akan menghasilkan portofolio sebanyak 48.000-an e-Mail baru, 11.000-an Web Sekolah, 33.000-an Digital Story Telling dan 110.000 files karya ilmiah yang terdiri dari:

  • APBS
  • Bahan Ajar
  • DAPODIK
  • Katalog Perpustakaan
  • Makalah Guru
  • Makalah Kepala Sekolah
  • Makalah Pustawakan
  • Makalah Tata Usaha
  • Profil PTK Sekolah
  • Profil Sekolah

Demikian informasi singkat tentang Pelatihan Jardiknas yang kita harapkan dapat mendorong semangat pendidik dan tenaga kependidikan untuk terus memutakhirkan pengetahuan dan wawasannya dan memberi efek positif bagi peningkatan mutu pendidikan di tanah air.

Keterangan:

Assessor KKPI = Penguji KKPI sistem off-line maupun on-line

Biro PKLN = Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri

Ditjen PMPTK = Direktorat Peningkatan Pendidik dan Tenaga Kependidikan

KKPI = Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi

TIK = Teknologi Informasi dan Komunikasi



Yogyakarta, 27 Agustus 2007

Jurnal-ku: Minggu DCCI (02.2021)

Senin, 1 Februari 2021 | 19 Jumadil Akhir 1442 [ Poliklinik Pusdiklat: 08.00-09.30 ] Memantau Tes Usap Antigen 9 siswa SMK yang akan melaksa...