Kamis, Februari 10, 2005

Jaringan Informasi Sekolah - Bab I Pendahuluan


A. Rasional

Mengutip tesis futurolog Alvin Tofler tentang Third Wave (Gelombang Ketiga) dalam bukunya “Future Shock”, bahwa setelah melewati Gelombang Pertama yang ditandai dengan munculnya Era Agraris dan Gelombang Kedua yang ditandai dengan adanya Era Industri, maka saat ini umat manusia telah memasuki Gelombang Ketiga yang ditandai dengan Era Informasi.

Era Informasi didukung oleh Teknologi Informasi serta Komunikasi yang berkembang cepat menurut deret ukur. Dari tahun ke bulan, dari bulan ke minggu, dari minggu ke hari, dari hari ke jam, dan dari jam ke detik! Oleh karena itulah para cerdik-cendekia sepakat pada suatu argumen, bahwa: informasi memudahkan kehidupan manusia tanpa harus kehilangan kehumanisannya.

Pendidikan sebagai bagian dari kehidupan manusia sebenarnya juga merupakan kegiatan informasi, bahkan dengan pendidikanlah informasi ilmu pengetahuan dan teknologi dapat disebarluaskan kepada generasi penerus suatu bangsa.

Menyikapi kenyataan diatas, maka sudah waktunya komunitas pendidikan sadar betapa pentingnya lalu-lintas informasi bagi pengembangan seluruh sumber daya pendidikan yang meliputi: manusia, sarana, prasarana, kurikulum, dan alam serta lingkungan hidup. Oleh karena itulah kita perlu membentuk Jaringan Informasi Sekolah (JIS).


B. Tujuan

Beranjak dari latar belakang di atas, maka tujuan penulisan ini adalah untuk menggugah setiap insan pendidikan di Indonesia pada umumnya dan di Kota Malang pada khususnya, untuk bersiap-sedia menyongsong kebebasan memberi dan menerima informasi yang santun dalam koridor pendidikan yang tidak terbatas ruang (boardless) dan waktu (timeless) melalui Jaringan Informasi Sekolah atau disingkat JIS. Dengan terbentuknya JIS diharapkan terjadi percepatan pengalihan informasi yang sangat cepat, baik dari Pengambil Kebijakan (di Dinas Pendidikan) kepada Pelaksana Kebijakan (di masing-masing sekolah) maupun sebaliknya.

Tujuan pembentukan Jaringan Informasi Sekolah dapat tercapai jika ada dukungan dan kepedulian penuh insan pendidikan yang tentunya sangat berkepentingan dan bangga terhadap Malang sebagai Kota Pendidikan.


C. Sistematika

Untuk memudahkan pemahaman atas gagasan Jaringan Informasi Sekolah (JIS) yang tertuang dalam karya ilmiah ini, maka sistematika pembahasannya disusun sebagai berikut:
01. Landasan Hukum
02. Pengertian Umum
03. Manfaat Jaringan Informasi Sekolah
04. Operator Komputer (Brainware)
05. Perangkat Keras (Hardware)
06. Perangkat Lunak (Software)
07. Fasilitas Internet
08. Lokasi Berinternet
09. Waktu Berinternet
10. Membuat E-mail Sekolah
11. Manajemen E-mail
12. Keanggotaan dalam Jaringan Informasi Sekolah
13. Etika Berinternet (Nettiquette)
14. Lembar Graha (Homepage)

(Malang, 19 Juli 2001)

1 komentar:

Jati mengatakan...

Hi There, saya sangant tergugah dengan blog Anda. Two thumbs up for you.If you got time visti cyber self study and online courses at http://www.lc.itb.ac.id